Breadcrumbs

10 Manfaat Perlindungan Dettol Antiseptik Cair & Cara Menggunakannya

Siapa, sih, yang tidak kenal dengan Dettol? 

Dettol merupakan salah satu merek antiseptik dan disinfektan yang berasal dari Inggris. Pertama kali diperkenalkan di rumah sakit lebih dari 85 tahun yang lalu, dan awalnya digunakan sebagai larutan pembersih pasca operasi untuk mencegah terjadinya infeksi. 

Hingga saat ini, Dettol telah menjadi merek nomor satu sebagai produk perlindungan terhadap kuman.

Hal yang membedakan Dettol Antiseptik Cair dari produk antiseptik atau disinfektan lain, yaitu tidak hanya dapat digunakan untuk membunuh kuman pada luka dan menjaga kebersihan tubuh, namun juga dapat digunakan sebagai cairan disinfektan yang membunuh kuman di permukaan benda.

Apalagi, hanya dengan satu produk, Anda dapat membersihkan seisi rumah sekaligus menjaga kebersihan diri dari kuman penyakit. Sangat multifungsi!

Manfaat Dettol Antiseptik Cair

Sebagaimana kita ketahui, kuman merupakan mikroorganisme yang dapat menyebabkan penyakit. Dan karena kita tinggal di negara beriklim tropis, di mana cuaca kadang panas dan kadang hujan, kuman berkembang biak dengan cepat dan dapat berada di mana-mana. 

Dettol Antiseptik Cair telah diuji terhadap 100 strain kuman, sehingga mampu melindungi keluarga kita dari berbagai kuman penyebab penyakit. Ini dia berbagai manfaat Dettol Antiseptik Cair yang bisa digunakan untuk disinfeksi permukaan, sekaligus cairan antiseptik:

Artikel Lainnya: https://www.klikdokter.com/rubrik/read/3620455/ajarkan-kebiasaan-ini-agar-anak-terhindar-dari-kuman

1. Membunuh Kuman di Permukaan Lantai

Permukaan lantai yang bersih belum tentu tidak ada kuman. Nah, fungsi dari Dettol Antiseptik Cair ini adalah sebagai cairan antiseptik yang dapat membunuh berbagai kuman pada permukaan lantai. 

2. Membersihkan Berbagai Permukaan Benda di Rumah

Dettol Antiseptik Cair juga dapat membunuh kuman pada berbagai permukaan benda di rumah yang mudah terpapar kuman dan sering disentuh, seperti meja dapur, gagang pintu, dan lain-lain. 

Artikel Lainnya: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3627387/mengenal-benteng-pelindung-tubuh-terhadap-ancaman-kuman

 

3. Membersihkan Mainan Anak

Jika anak menyentuh mainan yang jarang dibersihkan, maka dapat memindahkan kuman penyebab penyakit ke tangannya. Karena itu, bersihkan mainan anak dengan Dettol Antiseptik Cair secara rutin. 

4. Mencuci Baju dan Masker

Baju yang wangi dan bersih belum tentu tidak ada kuman. Mencuci baju dan masker dengan menambahkan Dettol Antiseptik Cair dapat mencegah penyebaran kuman penyebab penyakit. 

5. Mencuci Popok Bayi maupun Orang Dewasa 

Kuman banyak menempel pada popok bayi maupun orang dewasa. Maka, mencucinya dengan menambahkan Dettol Antiseptik Cair dapat membantu membunuh berbagai kuman tersebut serta mencegah Anda sekeluarga dari penyebaran kuman penyakit.

6. Untuk Mandi

Anda dapat melarutkan Dettol Antiseptik Cair pada air mandi, sehingga air menjadi higienis dan tidak ada kuman saat digunakan untuk mandi.  

Artikel Lainnya: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3636113/bisa-jadi-sarang-kuman-cek-kebersihan-11-benda-yang-ada-di-kamar-tidur-in

7. Membunuh Kuman Penyebab Bau Kaki

Apakah Anda memiliki bau kaki mengganggu yang menurunkan rasa percaya diri? Hal itu bisa terjadi karena adanya kuman yang menyebabkan aroma tidak sedap. Rutin membersihkan kaki Anda dengan menambahkan Dettol Antiseptik Cair dapat membunuh kuman penyebab bau kaki. 

8. Pertolongan Pertama pada Luka untuk Cegah Infeksi

Jika anggota keluarga Anda mengalami luka goresan dan gigitan atau sengatan serangga, dapat melarutkan Dettol Antiseptik Cair ke dalam air, sebagai cairan disinfeksi untuk mencegah terjadinya infeksi pada luka tersebut. 

9. Disinfektan Kamar Mandi

Dettol Antiseptik Cair bisa digunakan untuk membunuh kuman penyebab penyakit yang ada di kamar mandi. 

10. Disinfektan Tempat Sampah

Tempat sampah rawan menyebarkan penyakit karena penuh kuman. Anda bisa menggunakan Dettol Antiseptik Cair untuk disinfektan tempat sampah.

Cara Menggunakan Dettol Antiseptik Cair

  • Untuk pertolongan pertama, larutkan 1 tutup (ukuran 21ml) Dettol Antiseptik Cair ke dalam mangkok berisi 420 ml air.
  • Untuk disinfeksi pada pakaian, masker, dan popok, larutkan 1 tutup (ukuran 21ml) Dettol Antiseptik Cair ke dalam 840 ml air. Campurkan Dettol Antiseptik ke dalam ember berisi air rendaman pakaian, setelah dicuci dengan detergen Anda. Sedangkan untuk pencucian dengan mesin cuci, tuangkan Dettol Antiseptik ke dalam tempat pelembut.
  • Untuk penggunaan pribadi (mandi/menghilangkan bau kaki), larutkan 1 tutup (ukuran 21ml) Dettol Antiseptik Cair pada bak kamar mandi maupun ember berisi air.
  • Untuk membersihkan berbagai permukaan benda (lantai, kamar mandi, meja dapur, mainan anak, hingga tempat sampah), larutkan 1 tutup (ukuran 21ml) Dettol Antiseptik Cair ke dalam 420 ml air.

PERINGATAN:

  1. Jauhkan dari jangkauan anak-anak.
  2. Jika tertelan, bilas mulut dan minum air atau susu yang banyak dan segEra cari pertolongan medis.
  3. Jika kontak dengan mata, bilas dengan air dan konsultasikan ke dokter.

Ikuti petunjuk pemakaian, peringatan, dan cara penanggulangan bisa terjadi kecelakaan pada kemasan.

 

Baca Juga

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3610967/benda-benda-ini-paling-banyak-dihuni-kuman-di-kantor

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3633390/banyak-kuman-di-sekolah-ini-tips-agar-anak-rajin-cuci-tangan

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3629477/8-benda-dan-area-paling-banyak-kuman-di-restoran

 

Dettol Antiseptik Cair dapat membersihkan seisi rumah untuk berbagai kegunaan. Sangat praktis dan aman digunakan baik untuk kebersihan rumah tangga maupun tubuh.

Jika Anda ingin bertanya seputar topik ini, silakan berkonsultasi dengan para dokter tepercaya via Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter

[RS]