Breadcrumbs

Tips Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar dan Kebersihan Mainan Anak untuk Cegah Penyebaran Virus di Rumah

Banyak ibu yang belum tahu cara membersihkan mainan anak dengan benar. Padahal, mainan anak merupakan salah satu tempat kuman bersarang. Maka itu, penting untuk ibu tahu cara menjaga kebersihan mainan anak dengan benar agar tidak menjadi sarang kuman dan anak terlindungi dari kuman.

Anak-anak adalah penjelajah yang ulung. Rumah Anda adalah tempat berpetualang dan mereka sangat senang belajar lewat berbagai macam permainan. Proses pembelajaran anak umumnya melibatkan sentuhan dan pengecapan dari berbagai benda yang ada di rumah, termasuk mainan anak. 

Berbagai penelitian mengatakan bahwa virus corona dapat hidup berjam-jam di berbagai permukaan. Virus ini dapat menyebar dengan mudah melalui kontak tangan ke muka, khususnya mata, hidung, dan mulut.

Kebiasaan anak yang sering menyentuh benda dan memasukkan mainan ke mulut tentu saja membuat orang tua khawatir. Karena anak dapat beresiko terpapar kuman yang menempel pada mainan dan permukaan benda yang terinfeksi. Apalagi jika kondisi tubuh anak sedang tidak baik, akan menjadikannya lebih rentan tertular berbagai penyakit. 

Di kondisi pandemi ini, para orang tua dituntut untuk lebih telaten dalam menjaga kebersihan lingkungan dan area bermain anak, termasuk mainan dan benda-benda lainnya yang sering anak. 

Dalam menjaga kebersihan harus dengan rutin dan teratur, terutama kebersihan mainan anak. Lalu, bagaimana agar anak dapat bermain dengan aman dan terlindungi dari kuman? Ikuti tips membersihkan mainan anak berikut ini.

1. Membersihkan mainan yang terbuat dari plastik, logam, dan karet

Jika mainan anak terbuat dari bahan yang tidak mudah rusak dan tidak menyerap air seperti plastik, logam dan karet, Anda dapat menggunakan larutan desinfektan untuk membunuh berbagai kuman yang menempel pada mainan. 

Anda dapat merendam air yang berisi 1/3 gelas pemutih dan satu galon air. Diamkan selama lima menit. Setelah itu, bilas dengan air sampai bersih dan biarkan mengering.

2. Membersihkan mainan yang terbuat dari balok kayu

Mainan-mainan yang terbuat dari kayu tidak boleh tenggelam dalam cairan, tetapi Anda bisa menyekanya dengan tisu atau semprotan berbasis alkohol. Biarkan permukaan mengering sepenuhnya setelah menyekanya.

3. Membersihkan buku dan mainan kertas

Anda tidak dapat mencuci kertas karena akan mudah basah dan rusak. Namun, Anda dapat melakukan berbagai langkah untuk mengurangi risiko paparan kuman dari buku. Pastikan buku yang ada di ruangan adalah buku yang masih bermanfaat dan sering digunakan. 

Buanglah buku yang sudah rusak, robek, dan tidak terpakai. Selain jarang digunakan, buku ini bisa menjadi tempat bersarang debu dan kuman penyakit. Virus corona bertahan pada permukaan kertas selama 24 jam. 

Karena itu, jika Anda baru saja membeli buku atau mendapatkan kembali buku yang baru saja dipinjamkan, Anda dapat menyimpannya terlebih dahulu sebelum digunakan selama minimal 24 jam.

Mengapa kita harus menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan mainan anak? Karena menjaga kebersihan mainan anak adalah upaya untuk mencegah kuman yang dapat menyerang anak Anda. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan dan kaki anak setiap sesudah bermain dan sebelum tidur dengan sabun dan air mengalir. Ajarkan pula secara rutin membersihkan diri sedari kecil agar menjadi kebiasaan seumur hidupnya.

Semoga semua tips di atas bermanfaat untuk Anda. Dengan melakukan berbagai langkah kebersihan yang tepat, aktivitas bermain anak menjadi lebih menyenangkan dan bebas dari rasa khawatir!

Temukan beragam tips perlindungan keluarga terpercaya dengan klik disini atau pelajari lebih lanjut mengenai Dettol yang  kini telah diuji terhadap virus COVID-19. 

 

Sumber:

https://www.nedcc.org/free-resources/preservation-leaflets/3.-emergency-management/3.5-disinfecting-books

https://utswmed.org/medblog/disinfect-toys-during-covid-19/