Breadcrumbs

Tips Aman Rekreasi Bersama Keluarga di Era New Normal

Memasuki era new normal, banyak tempat wisata yang sudah dibuka oleh pemerintah sehingga Anda bisa mengajak anak-anak untuk rekreasi bersama. Lalu, bagaimana tips aman berkreasi agar terhindar dari kuman penyebab penyakit?

Tetap beraktivitas dan berolahraga selama pandemi sangat dianjurkan oleh WHO supaya badan tetap sehat dan pikiran kembali segar. Namun, terkadang banyak orang lupa Anda tetap harus menjaga kebersihan diri dan lingkungan agar tetap sehat.

Mengapa kita harus menjaga kebersihan lingkungan?

Memasuki era new normal seperti saat ini, Anda mungkin khawatir dengan protokol kesehatan di tempat rekreasi yang ingin Anda kunjungi. Padahal, seperti yang diketahui bahwa dalam menjaga kebersihan harus dengan melakukan sejumlah persiapan yang matang. Nah agar mengurangi rasa khawatir berlebihan, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti agar dapat melakukan rekreasi bersama keluarga dengan aman

1. Pastikan Anda dan keluarga sehat sebelum berangkat

Pastikan Anda sekeluarga sehat dan tidak sedang sakit sebelum memutuskan untuk berekreasi. Jika Anda sedang sakit, misalnya batuk, pilek atau demam, ada baiknya Anda beristirahat di rumah sampai keluhan hilang. Selain menjadi sumber penularan bagi orang lain, orang yang sakit juga memerlukan istirahat agar dapat segera pulih.

2. Rekreasi ke tempat terdekat dari rumah.

Kunjungi tempat rekreasi yang ada di dekat rumah, misalnya taman dekat rumah. Berpergian untuk mengunjungi tempat rekreasi yang jauh dapat meningkatkan risiko tertular COVID-19. 

Perjalanan yang jauh mungkin mengharuskan Anda untuk berhenti di sepanjang jalan dan meningkatkan paparan keluarga dengan orang asing. Hubungi arena bermain sebelumnya untuk memastikan jam buka dan berbagai informasi terkait antisipasi penyakit di tempat tersebut.

Kesehatan ibu dan anak serta anggota keluarga lainnya harus menjadi prioritas saat Anda berekreasi di luar ruangan. Untuk itu, patuhi selalu protokol kesehatan dan terapkan selalu cara hidup sehat di keluarga Anda

3. Pilih tempat yang tidak terlalu ramai

Ajarkan dan contohkan anak-anak Anda untuk tetap jaga jarak (physical distancing) ketika bermain. Usahakan untuk selalu menjaga jarak sejauh 2 meter dari orang di sekitar Anda. HIndari pergi ke daerah yang menjadi pusat keramaian dan pilihlah area yang lebih sepi.

4. Ajarkan anak berenang dengan menjaga jarak

Belum ada bukti bahwa virus corona dapat ditularkan melalui air dalam kolam renang. Selain itu, desinfeksi rutin dengan klorin dapat dilakukan untuk menonaktifkan virus ini. Anda dapat mengajak anak-anak berenang dengan tetap menjaga jarak dengan pengunjung lain. Selain itu, jangan lupa untuk segera mandi setelah selesai berenang.

Jangan lupa perhatikan kebersihan lingkungan sekitar kolam renang. Karena dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar, kesehatan ibu dan anak di masa pandemi bisa tetap terjaga. 

5. Bawa peralatan kebersihan pribadi

Pastikan Anda membawa perlengkapan proteksi diri dan kebersihan keluarga. Gunakan masker ketika Anda dan anak-anak berada di luar rumah. Selain itu, bawalah tisu dan hand sanitizer sehingga Anda dapat membersihkan tangan Anda secara berkala.

6. Segera bersihkan diri begitu sampai di rumah 

Setelah menghabiskan seharian waktu di luar rumah, pastikan Anda dan anak-anak langsung mandi. Letakkan baju kotor di wadah khusus yang tertutup dan jauh dari jangkauan anak-anak.

Jadi, apakah Anda dan anak-anak sudah siap kembali berekreasi? Dengan melakukan berbagai langkah di atas, maka Anda dapat menikmati rekreasi Anda dengan aman dan tetap terlindungi dari kuman penyebab penyakit. 

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan adalah kewajiban kita semua dalam menghadapi era new normal. Dalam menjaga kebersihan harus dengan disiplin yang tinggi. Pastikan untuk selalu menerapkan cara hidup sehat di manapun Anda dan keluarga berada. Sebagaimana yang kita ketahui, kebersihan pangkal dari kesehatan. Dengan menjaga kebersihan, maka kesehatan Anda dan keluarga pun dapat ikut terjaga.

Temukan beragam tips perlindungan keluarga terpercaya dengan klik disini atau pelajari lebih lanjut mengenai Dettol yang  kini telah diuji terhadap virus COVID-19.



Sumber:

https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/daily-life-coping/visitors.html

https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/community/parks-rec/aquatic-venues.html