Breadcrumbs

Ibu Wajib Tahu! Ini 5 Cara Menjaga Kebersihan Saat Harus Bekerja di Luar Rumah

Memasuki era new normal, beberapa orang harus mempersiapkan diri untuk kembali bekerja di kantor. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan supaya terlindungi dari kuman.

Memasuki masa transisi, Anda memerlukan berbagai persiapan khusus agar keluarga tetap terhindar dari penyakit meskipun Anda harus kembali bekerja. Agar terhindar dari penyakit selama di luar dan tidak membawa kuman saat pulang ke rumah, pastikan untuk senantiasa menjaga kesehatan diri dan lingkungan dengan melakukan cara-cara berikut ini

1. Siapkan peralatan proteksi diri

Jika Anda akan mulai bekerja di luar rumah, Anda perlu menyiapkan berbagai alat perlindungan diri untuk menjaga kesehatan diri Anda. Salah satunya adalah selalu siap sedia masker dalam tas untuk mencegah penularan penyakit yang ditularkan melalui droplet. 

Selain penggunaan masker, penggunaan face shield juga bisa menjadi pilihan. Face shield dapat memberikan keuntungan berupa penurunan risiko paparan droplet ke area mata. Jangan lupa untuk mencuci kembali peralatan yang telah digunakan agar kuman tidak menempel. 

2. Cuci tangan secara berkala

Berpergian keluar rumah dalam waktu lama meningkatkan risiko terpapar kuman ketika menyentuh berbagai permukaan yang disentuh oleh banyak orang. Cuci tangan Anda dengan sabun antiseptik dan air secara berkala. 

Anda juga disarankan membawa hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60% alkohol sehingga Anda dapat menggunakannya sewaktu-waktu kalau tidak bisa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

3. Terapkan physical distancing

Untuk mengurangi kemungkinan paparan coronavirus, berbagai badan kesehatan merekomendasikan Anda menjaga jarak sosial sekitar 2 meter atau lebih dari orang-orang di sekitar Anda. Selain itu, hindari tempat yang ramai dan pilihlah rute bepergian yang lebih sepi.

Physical distancing jika dilakukan sambil menjaga kebersihan lingkungan sekitar, maka risiko Anda terpapar kuman dan virus menjadi lebih kecil

4. Hindari bersentuhan dengan orang lain 

Saat Anda keluar, hindari bersentuhan secara langsung dengan orang lain seperti bersalaman atau berpelukan. Selain itu, hindari menyentuh mulut, hidung, dan mata Anda, terutama jika berada di area publik. Mengapa kita harus menjaga kebersihan lingkungan saat berada di luar? Tentunya agar Anda terhindar dari penularan penyakit yang berasal dari lingkungan sekitar.

5. Bawa semua barang pribadi 

Kuman dapat bertahan di permukaan benda, seperti alat makan, sedotan, dan botol minum selama berjam-jam. Karena itu, sebisa mungkin untuk membawa dan menggunakan peralatan makan dan minum pribadi. Hal ini adalah salah satu cara untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Bawa juga tisu bersih yang dapat Anda gunakan sewaktu-waktu untuk membersihkan tangan dan barang bawaan Anda. Hindari menggunakan tisu yang dipakai oleh banyak orang.Dengan melakukan berbagai langkah kebersihan di atas, Anda bisa tetap bekerja sambil tetap menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan sekitar. Ibu sehat, anak pun bahagia. 

Temukan beragam tips perlindungan keluarga terpercaya dengan klik disini atau pelajari lebih lanjut mengenai Dettol yang  kini telah diuji terhadap virus COVID-19. 

 

Sumber:

https://jamanetwork.com/journals/jama/fullarticle/2765525

https://www.webmd.com/lung/news/20200430/face-shields-a-more-effective-deterrent-to-covid#1