Breadcrumbs

Ibu Harus Kembali ke Kantor? Ikuti Tips Cara Menjaga Kebersihan Ini Agar Kuman Penyakit Tidak Terbawa Saat Pulang

Di saat harus kembali bekerja, muncul kekhawatiran akan ada kuman menempel dan terbawa saat pulang ke rumah. Lakukan berbagai cara ini agar anak-anak Anda terlindungi dari kuman penyakit.

Setelah beberapa bulan bekerja dari rumah (work from home), sejumlah karyawan kembali bekerja di kantor dengan ditetapkannya new normal. Jika Anda adalah salah satu orang yang harus kembali bekerja di luar rumah, maka Anda patut berhati-hati agar terhindar dari ancaman virus dan kuman penyakit.

Walaupun belum ada cara untuk menghilangkan risiko infeksi, namun banyak yang dapat dilakukan untuk menurunkannya. Tujuannya adalah agar mencegah kuman dari luar masuk ke dalam rumah setelah seharian beraktivitas.

Jika tidak menjaga kebersihan saat bekerja, Anda bisa membawa kuman ke dalam rumah dan kesehatan anak-anak jadi taruhannya. Lalu bagaimana cara menjaga kebersihan tubuh agar kuman dari luar rumah tidak terbawa masuk ke dalam rumah Anda? Simak tipsnya berikut ini:

 

1.Cuci tangan menggunakan sabun antiseptik dan jaga bersih lingkungan. 

Tahukah Anda bahwa tangan adalah salah satu sarang kuman? Mencuci tangan mengurangi risiko terkena sakit diare sebesar 23-40% dan menurunkan risiko gangguan pernapasan sebesar 16-21%. 

Selama Anda di kantor, penting untuk mengulangi cuci tangan sesering mungkin karena Anda akan terus menyentuh permukaan yang penuh dengan kuman, seperti gagang pintu dan meja kantor. Jangan lupa untuk menyiapkan botol kecil pembersih tangan (hand sanitizer) yang bisa Anda simpan di dalam kendaraan atau di saku sehingga mudah diakses. Selain itu, semprotkan disinfektan ke meja kerja Anda agar kebersihan lingkungan tetap terjaga dengan baik.

2. Tinggalkan sepatu di luar rumah

Tinggalkan sepatu Anda di teras depan rumah. Ada begitu banyak kuman yang bisa berkumpul dan bersembunyi di sepatu. Bayangkan jika Anda membawa masuk sepatu ke dalam rumah dan mengotori permukaan lantai rumah Anda, anak-anak Anda berisiko untuk terpapar kuman ketika sedang bermain di lantai.

3. Mandi dan ganti pakaian segera setelah pulang kerja

Berdasarkan penelitian, penyebaran virus seperti coronavirus melalui pakaian relatif rendah. Namun mengganti pakaian setelah seharian bekerja di luar rumah merupakan langkah bijak untuk tetap Anda lakukan. 

Hindari bermain atau beraktivitas di dalam rumah jika Anda belum mandi dan membersihkan diri Anda. Letakkan pakaian kotor Anda di wadah khusus & jauhkan dari jangkauan anak-anak

4. Letakkan barang bawaan kantor di tempat khusus

Apakah Anda membawa pulang berbagai barang dari kantor seperti tas kerja, botol minum atau berkas? Jika iya, maka Anda perlu meletakkannya di tempat khusus dan membersihkannya sesampainya Anda di rumah. 

Virus dapat bertahan pada berbagai permukaan sampai beberapa hari. Karena itu, selain membersihkan barang bawaan Anda, hindari meletakkan barang tersebut di tempat yang mudah dijangkau anak-anak.

5. Siapkan jalur khusus untuk membersihkan diri begitu tiba di rumah

Pikirkan rute aman untuk segera membersihkan diri sesampainya Anda di rumah. Hindari kontak dengan anak-anak dan orang dalam rumah sebelum Anda membersihkan diri. Jika memungkinkan, segera bersihkan diri di kamar mandi yang terletak dekat dengan pintu masuk rumah untuk menghindari kontak dengan anggota keluarga lain, khususnya anak-anak.

Dengan rencana yang matang dan konsisten dalam mematuhi cara menjaga kebersihan, Anda dapat menjaga rumah Anda agar kesehatan ibu dan anak tetap terjaga. Yuk, mulai produktif bekerja sambil tetap menjaga kesehatan keluarga serta kebersihan lingkungan sekitar dengan perlindungan terpercaya.

Temukan beragam tips perlindungan keluarga terpercaya dengan klik disini atau pelajari lebih lanjut mengenai Dettol yang  kini telah diuji terhadap virus COVID-19. 

 

Sumber:

https://www.cdc.gov/handwashing/why-handwashing.html

https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/need-extra-precautions/what-you-can-do.html

https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/daily-life-coping/activities.html

https://www.healthline.com/health-news/shoes-clothes-and-covid-19#Clothes-are-low-risk