Breadcrumbs

Produk sanitasi unggulan >99.9% efektif terhadap virus SARS-CoV-2

Data publikasi ilmiah pertama menyatakan bahwa produk sanitasi terkemuka terbukti >99.9% efektif terhadap virus SARS-CoV-2 (COVID-19)

Sebuah studi baru yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman metode dalam menekan penyebaran COVID-19 telah mengkonfirmasi bahwa bahan aktif dalam berbagai merek produk sanitasi terkemuka >99.9% efektif terhadap virus SARS-CoV-2.  Temuan ini telah dipublikasikan dalam American Journal of Infection Control (AJIC).

Studi tersebut merupakan hasil evaluasi yang pertama kali dipublikasikan mengenai efikasi virusidal dari produk personal care, pembersih permukaan dan disinfektan terhadap SARS-CoV-2 dengan menggunakan standar yang ditetapkan secara internasional. Pengujian laboratorium tersebut menguji bahan aktif yang ada dalam produk merek terkenal dan banyak digunakan (Dettol), berupa cairan antiseptik, hand sanitizer, sabun cuci tangan, produk disinfectant spray, produk personal care dan tisu pembersih permukaan, sabun batang, pembersih permukaan dan sanitizer pakaian. Hasil studi menunjukkan bahwa semua bahan aktif senyawa anti-mikroba efektif untuk menonaktifkan SARS-CoV-2, yang terlihat dari adanya penurunan jumlah virus menular setelah dilakukan pengujian 1 sampai 5 menit. 

Para peneliti menegaskan bahwa temuan ini memberikan hasil yang signifikan terhadap pentingnya senyawa anti-mikroba dengan efikasi melawan SARS-CoV-2 di rumah, masyarakat, dan tempat pelayanan kesehatan. 

Dr Bruce Charlesworth, Chief Medical Officer di RB memberikan komentar, “ Kami berharap temuan ini akan bermanfaat untuk pencegahan penularan dan pengendalian di masyarakat dalam menghadapi pandemi COVID-19.  Ini merupakan perkembangan positif dan sepenuhnya sesuai dengan harapan kami.  Kami akan terus mengembangkan bukti ilmiah untuk mendukung portofolio produk kami agar memungkinkan komunikasi efektif berbasis sains seputar kebersihan.”

Studi ini diyakini sebagai evaluasi paling komprehensif sampai saat ini, mencakup semua bahan aktif yang ada di mayoritas portofolio dan formulasi produk.  Apabila diperlukan, kami telah menyampaikan data ini kepada pihak otoritas regulasi untuk pengkajian dan mendapatkan persetujuan.

Studi ini menjadi bagian dari komitmen RB sebagai pemimpin dalam bidang higiene  untuk berkontribusi terhadap pengetahuan ilmiah seputar sanitasi dan COVID-19 serta untuk memastikan semua komunikasi berdasarkan bukti dengan para pemangku kepentingan (stakeholder). Inisiatif lainnya termasuk bekerjasama dengan para ahli ilmiah dan institusi akademi terkemuka dalam bidang higiene, dan pengendalian penularan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya sanitasi, serta mendukung para tenaga kesehatan di garda depan. 

References

  1. Microbicidal Actives with Virucidal Efficacy against SARS-CoV-2: M Khalid Ijaz et al. AJIC, American Journal of Infection Control (2020), doi: https://doi.org/10.1016/j.ajic.2020.05.015