Biarkan Superhero Kecil Anda Belajar Tanpa Takut Kuman

Pernahkah Anda melarang si kecil untuk bermain di tempat yang kotor? Kotoran yang menempel pada anak mungkin memang membuat Anda khawatir, karena tentunya Anda tidak ingin jika kesehatan mereka terganggu karena terkena kuman dan bakteri dari tempat kotor. Namun, tahukah Anda, segala proses pembelajaran yang dilakukan anak tidak selalu didapat di tempat yang bersih? Terkadang, mereka juga harus belajar di alam luar yang tidak selalu bersih, misalnya kebun rumah, taman bermain, atau bahkan pantai. Hal positif yang bisa Anda petik adalah itu semua membuat buah hati Anda secara tidak langsung meningkatkan pengetahuan dan kreativitas mereka. Hanya saja Anda juga harus tetap memperhatikan beberapa hal sebelum mengizinkan si kecil bermain di tempat yang kotor.

Kotoran dan Daya Tahan Tubuh

Rasanya cukup sulit untuk selalu melarang jagoan kecil Anda untuk tidak dekat dengan benda-benda yang kotor. Namun sebenarnya kuman yang masuk ke dalam tubuh mereka karena kotoran, bisa mendorong sistem imun tubuh untuk lebih aktif bekerja. Sistem imun ini akan membuat daya tahan tubuh menjadi lebih kuat sehingga nantinya akan lebih kebal terhadap kuman dan bakteri sehingga membuat anak Anda tidak mudah sakit.

Menurut seorang immunologist asal Amerika Serikat, alam telah membentuk anak-anak untuk menghadapi kuman di lingkungan. Hal ini disebabkan karena sistem imun si kecil tidak dapat mengenali bakteri, kuman, dan virus yang masuk. Masuknya kuman ke tubuh si kecil bisa menjadi stimulan sistem imun tubuh supaya bekerja lebih aktif (source: alodokter.com).

Kotoran Baik

Bermain di tempat kotor memang baik untuk daya tahan tubuh, hanya saja Anda tetap perlu mengawasi si kecil untuk tidak bermain sembarangan. Berikut beberapa cara agar Anda tahu mana yang merupakan kotoran baik.

  • Ketahui jenis benda yang ia pegang, bila itu merupakan alat dari hal yang ingin ia pelajari, Anda tidak perlu melarangnya. Namun bila benda tersebut adalah benda asing dan yang tidak terjaga kebersihannya, pastikan Anda memberitahu buah hati Anda.
  • Cek tempat bermainnya dan pastikan bebas dari bahan-bahan dengan unsur kimia berbahaya.
  • Walaupun tergolong kotor, tanah jalanan bukan ancaman bagi Anda untuk melarang si kecil berjalan tanpa menggunakan alas kaki. Sesekali, Anda dapat memperbolehkan hal tersebut agar ia bebas bergerak, tapi pastikan tempat ia berpijak aman dari benda tajam.

Bila beberapa hal di atas telah Anda lakukan, biarkan dia mengenal dunia dan mendapatkan pelajaran baru setiap harinya. Sambut dia setelah selesai bermain, dan bersihkan kotoran yang menempel pada tubuh dengan Sabun Mandi Cair Anti Bakteri Dettol Original atau dapat juga dengan membersihkan tangannya dengan Dettol Hand Sanitizer karena kandungan bahan antibakteri pada Dettol Hand Sanitizer mampu membunuh kuman dan bakteri yang menempel pada tubuh.

Selain membersihkan tubuhnya dengan sabun mandi yang tepat, Anda juga perlu mengimbangi asupan nutrisinya supaya daya tahan tubuh tetap terjaga. Makanan yang mengandung protein, zat besi, vitamin A, dan nutrisi lainnya dapat membantu si kecil untuk tetap aktif saat sedang bermain dan mengeksplorasi lingkungan sekitar tempatnya bermain.

Menumbuhkan Kreativitas

Si kecil yang bermain tanpa harus takut hal-hal kotor akan lebih berani lagi untuk mencari tahu dan eksplorasi lebih dalam hal-hal yang ada di sekitarnya. Ini dapat menumbuhkan dan mengasah kreativitasnya sejak dini.

Anak kecil pada dasarnya memiliki banyak sekali sifat ingin tahu terhadap hal di sekitar mereka. Selama dapat Anda awasi, maka kesehatan dan keamanan si kecil saat bermain di tempat kotor dapat membantu imajinasinya untuk lebih kreatif lagi.