Breadcrumbs

Bagaimana Anak-anak Mendapatkan Kuman

Anak-anak mendapatkan kuman, kotoran dan bahkan kutu dari anak-anak lain. Inilah caranya Anda bisa memastikan bahwa anak-anak Anda bersih dan terlindungi dari kuman.

Salah satu tantanganterbesar di dalam kehidupan orang tua adalah menanamkan kebiasaan kebersihan yang sederhana namun efektif di dalam kehidupan anak-anak mereka. Jangan salah paham– kami tidak mengatakan bahwa anak-anak suka menjadi kotor. Hanya saja mereka lebih cepat terkena kotoran dan debu dibandingkan orang dewasa, dan lebih lama bagi mereka untuk memahami bahwa menjaga kebersihan diri mereka sendiri sangatlah penting agar mereka tidak jatuh sakit atau mengalami infeksi.

Pertimbangkan kebiasaan utama ini dalam memastikan kebersihan anak Anda:

Terapkan praktik mencuci tangan dan kaki setelah tiba di rumah. Tidak ada kompromi pada peraturan ini, setiap anggota rumah WAJIB mencuci tangan mereka dengan pencuci tangan antibakteri setelah tiba di rumah. Biarkan anak-anak Anda melihat Anda mencuci tangan dan kaki Anda setiap kali Anda pulang, dan mereka dengan sendirinya akan mengikuti kebiasan ini. Anak-anak Anda akan suka memakai sabun cuci tangan yang wangi dan efektif. Beberapa anak memiliki kebiasaan pulang rumah dan langsung menyalakan TV atau bermain di kamar mereka tanpa mengganti pakaian atau mencuci tangan mereka. Jadikan sebuah peraturan sehingga anak-anak Anda tidak bisa melakukan apa pun – bermain, makan, tidur – sebelum mereka mencuci wajah, tangan dan kaki mereka terlebih dahulu. Jika anak-anak Anda terkena lumpur akibat bermain, paksa mereka untuk mandi.

Potonglah kuku tangan dan kuku kaki mereka secara teratur. Banyak kotoran terperangkap di dalam kuku tangan. Dan itu tertelan oleh anak-anak Anda setiap kali mereka memakai tangan untuk makan. Mempertahankan praktik memotong kuku tangan dan kuku kaki mereka setiap minggu (kebanyakan kuku tangan anak tumbuh dengan cepat), meskipun mereka memprotesnya! Beberapa ibu melakukan operasi rahasia sejauh menggunting kuku jari anak-anak mereka – mereka melakukannya ketika si anak sedang tidur!

Memeriksa kutu. Area utama dalam memelihara kebersihan yang baik bagi anak adalah memeriksa rambut mereka terhadap serangan kutu. Ini merupakan masalah umum di antara anak-anak dan jarak dekat dengan anak-anak lainnya mengakibatkan penyebaran kutu yang cepat.  Kutu berkembang di rambut anak-anak terutama di musim panas yang berkeringat dan selama musim hujan yang lembab. Perhatikan baik-baik telur kutu di rambut anak Anda atau waspada akan tanda-tanda terlalu banyak menggaruk atau mengeluh gatal. Jika terdapat masalah kutu, cuci rambut anak Anda dengan sampo kutu dan sisir rambut yang basah untuk menyingkirkan keluar kutu dan telurnya.

Pakaian anak-anak harus dicuci secara terpisah. Anak Anda akan sangat berkeringat dan kotor ketika bermain di luar. Selalu praktikkan mencuci pakaian anak Anda secara terpisah dari cucian lainnya. Gunakan sabun disinfektan ringan dan keringkan pakaian dengan udara. Jika diperlukan, Anda bisa mengeringkan pakaian dengan uap dan menempatkan bola ngengat dan silika dalam lemari pakaian agar pakaian tetap segar.

Ajarkan anak Anda untuk memakai pembersih tangan dan lap tangan. Kemas tas sekolah anak Anda dengan kotak tambahan berisikan lap tangancairan pembersih tangan dan tisu. Kebanyakan virus flu dan pilek ditularkan melalui tangan, jadi menggunakan pembersih tangan setelah makan merupakan praktik utama KESEHATAN dalam kebersihan anak-anak. Juga instruksikan mereka untuk tidak menggunakan lap atau sapu tangan bekas anak lain.