Biarkan Superhero Kecil Anda Belajar Tanpa Takut Kuman

Waktu berjalan cepat, hari demi hari, tak terasa si kecil mulai tumbuh besar dan Anda mungkin mulai memikirkan ini adalah waktu yang tepat untuk mulai mengajarkannya soal pendidikan moral untuk membentuk perilaku baik dalam dirinya sejak dini. Perlu diingat, anak senang meniru orang tuanya dan merupakan peniru yang sangat cepat. Tapi, jangan khawatir, ini justru dapat Anda gunakan sebagai cara untuk mengajarkan si kecil tau tentang perilaku yang baik. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan untuk mengarahkan si kecil untuk bersifat positif.

  1. Menjadi Role Model yang Inspiratif

Bila si kecil merupakan peniru yang cepat, Anda harus jadi role model-nya yang inspiratif. Tunjukkan perilaku sopan di kehidupan sehari-hari sehingga si kecil melihat bagaimana Anda bersikap, dan pada akhirnya meniru Anda.

  1. Ajarkan Si Kecil Besarnya Makna Kata "Maaf", "Tolong", dan "Terima Kasih"

Walaupun sering terlewatkan, ketiga kata ini memiliki makna yang besar dalam kehidupan kita. Tiga kata ini merupakan kata wajib yang harus diajarkan kepada si kecil ketika dia sudah mulai bicara. Ini mungkin tidak mudah, tapi Anda harus membiasakan si kecil menggunakan tiga kata tersebut sesuai dengan keadaan dan fungsinya. Ajarkan dia mengucapkan “maaf” saat melakukan kesalahan, mengucapkan “tolong” saat Anda ingin menyuruh si kecil, dan “terima kasih” ketika si kecil melakukan hal kecil apapun untuk membantu Anda.

  1. Mengajarkan Aturan Bagi Si Kecil di Arena Bermain

Banyak hal yang bisa terjadi saat anak-anak bermain, mulai dari senang-senang, hingga bertengkar dengan teman bermainnya. Saat ini terjadi, tentunya Anda tidak betah melihat pertengkaran itu. Untuk menghindari hal seperti ini, coba berikan beberapa peraturan dasar sebelum si kecil bermain dengan teman-temannya. Jelaskan ketika ingin meminjam mainan dari temannya, dia harus sabar menunggu giliran. Saat bermain juga harus diingatkan agar dia tidak menyakiti temannya seperti menggigit, memukul, menendang, atau menjambak rambut temannya. Saat sesuatu hal yang dapat membahayakan dirinya dan juga teman bermainnya, Anda harus bisa tegas meminta si kecil untuk berhenti bermain. Namun, berikan juga dia pujian saat si kecil melakukan hal baik saat bermain, seperti meminjamkan mainan kepada temannya.

  1. Mengajarkan Kebersihan

Bagaimana juga, eksplorasi dunia sekitar adalah hal yang dapat membuat si kecil bahagia, dan yang terpenting membuat dia tahu hal-hal baru yang membuat kreativitasnya dapat terus berkembang. Namun, lingkungan di luar pastinya tidak sebersih di dalam rumah. Maka dari itu, Anda juga perlu mengajarkannya untuk menjaga kebersihan tubuh.

Hal ini dapat Anda lakukan secara berulang dengan mengajaknya membersihkan tubuh saat selesai bermain. Ajarkan dia bagaimana cara membersihkan tubuh yang benar dan bersih. Anda dapat menggunakan sabun yang mengandung kandungan antibakteri seperti Sabun Mandi Cair Anti Bakteri Dettol Original. Sesekali, Anda juga bisa menceritakan kepada buah hati Anda mengapa sabun mandi dengan kandungan antibakteri baik untuk membersihkan tubuh dari kotoran. Hal ini dimaksudkan agar sejak dini, si kecil tahu memilih sabun mandi yang tepat saat ia tumbuh dewasa nanti.

  1. Jadilah Pendengar yang Baik

Anda pastinya tahu, bahwa dengan menjadi seorang ayah atau ibu, Anda lah orang pertama dan tempat pilihan si kecil dalam mengadu segala hal. Anak-anak senang didengar. Maka dari itu, berikan perhatian lebih ketika anak sedang bercerita tentang hal apapun. Mungkin bagi Anda, hal yang diceritakan adalah masalah kecil tetapi bagi si kecil hal tersebut bisa menjadi besar.