Breadcrumbs

Kapan Anda harus mencuci tangan?

Kapan Anda harus mencuci tangan? Lima kali atau lebih adalah jumlah yang direkomendasikan. Baca terus untuk mengetahui sebabnya.

Apakah Anda tahu bahwa Anda membawa kuman di kulit Anda? Jangan khawatir, kebanyakan dari mereka tidak berbahaya dan kulit Anda menangkap mereka dari udara. Tetapi beberapa kuman yang berbahaya bisa menyebabkan penyakit seperti pilek, batuk dan demam. Menariknya, kuman yang menyebabkan penyakit ini disalurkan melalui kontak dengan permukaan yang terkontaminasi. Dan mereka dengan mudah tersebar melalui tangan-tangan orang, yang kemudian menyentuh wajah dan mata mereka sendiri lalu jatuh sakit.

Anda memang harus menyentuh permukaan yang disentuh oleh banyak orang - gagang pintu, telepon, tombol lift, pegangan tangga, dan papan tombol komputer. Ini biasanya tidak bersih dan membawa sejumlah kuman. Jadi hal terbaik yang perlu dilakukan adalah membersihkan tangan Anda sebersih mungkin.

Mencuci tangan akan menjaganya tetap bersih dan bebas dari kuman penyebab penyakit. Apakah Anda tahu bahwa Anda bisa mencuci tangan Anda dengan cara yang berbeda-beda? Pertimbangkan cara-cara mencuci tangan berikut ini:

Dengan sabun dan air. Ini adalah cara yang terbaik untuk mencuci tangan Anda dan membersihkannya dalam sekejap. Letakkan tangan Anda di bawah air bersih dan tuangkan Sabun Cuci Tangan di telapak tangan Anda. Gosok tangan Anda bersamaan selama satu menit penuh sampai sabun berbusa. Bilas dengan air dan keringkan dengan kain bersih. Direkomendasikan untuk menggunakan sabun setidaknya dua kali sehari ketika mencuci tangan Anda.

Dengan cairan pembersih tangan. Meskipun metode ini tidak menggunakan air, secara teknis metode ini merupakan jenis mencuci tangan karena dapat menyingkirkan permukaan di tangan kuman dan penyakit yang disebabkan bakteri. Gunakan sedikit Pembersih Tangan di tangan Anda setelah makan, atau setelah menyentuh permukaan yang terkontaminasi, atau sekadar ingin menjaga kebersihan tangan di siang hari. Pembersih tangan cukup efektif dalam membunuh kuman dan menjaga kebersihan tangan.

Air hangat. Air hangat membunuh kuman, jadi lebih baik merendamkan tangan di dalam air hangat sekitar satu menit saat musim flu dan dingin. Kebanyakan kuman penyebab penyakit sangat kuat, sehingga lebih baik membunuhnya sebelum Anda secara tidak sengaja menyebarkannya ke orang lain. Pastikan bahwa air temperatur tinggi tetapi tidak terlalu panas sampai membakar diri Anda sendiri.

Anda juga harus mencuci tangan Anda sebelum dan sesudah melakukan tugas tertentu. Cara mencuci tangan yang Anda gunakan tergantung pada kegiatan yang anda lakukan. Contohnya, mencuci tangan dengan air dan sabun sangat penting sebelum memotong sayuran, memasak, mempersiapkan susu formula bayi, mengobati luka, memakai kontak lensa, dsb. Juga penting setelah menggunakan toilet, pulang ke rumah setelah bepergian, makan dengan tangan Anda, dsb. Anda harus menggunakan cairan pembersih tangan ketika Anda tidak memiliki akses ke air dan sabun, dan ketika Anda jauh dari rumah. Ketika Anda bersalaman dengan seseorang yang menderita pilek, atau bahkan dengan seseorang yang tidak sakit atau ketika Anda menggunakan transportasi umum. Mencuci tangan dengan air panas sangat diperlukan ketika Anda sakit atau ketika Anda meyentuh orang sakit, atau ketika Anda bekerja dengan tanah atau daging mentah, atau setelah Anda membersihkan dapur dan toilet, dsb.