Breadcrumbs

Mau Belanja Bulanan? Ikuti Tips Cara Hidup Sehat Berikut Ini agar Keluarga Tetap Terlindungi dari Penyebaran Kuman

Memenuhi kebutuhan selama masa pandemi bukanlah hal yang mudah. Lakukan berbagai tips berikut ini untuk belanja dengan aman dan terlindungi dari kuman.

Belanja bulanan adalah aktivitas ibu yang dilakukan secara rutin. Ibu harus mengisi stok daging, sayur, dan buah di dalam kulkas agar anak-anak dapat makan makanan yang sehat dan berkualitas setiap harinya.

Salah satu yang harus diperhatikan adalah ketika ibu harus belanja bulanan ke supermarket. Persiapan dalam menjaga kebersihan harus dengan hati-hati agar Anda terhindari dari paparan kuman dan membawanya ke dalam rumah. Yuk, ikuti tips berikut ini agar kegiatan belanja bulanan tetap aman dan sesuai dengan cara hidup sehat:

1. Batasi frekuensi perjalanan belanja Anda

Anda harus membatasi seberapa sering Anda pergi berbelanja. Buatlah daftar belanja per dua minggu atau satu bulan agar mengurangi frekuensi keluar rumah. 

Gunakan waktu berbelanja dengan bijak. Utamakan beli kebutuhan sesuai daftar yang telah dibuat. Perhitungkan dengan baik jumlah makanan yang Anda butuhkan sehingga Anda dapat menggunakannya untuk periode waktu yang Anda rencanakan.

2. Hindari bawa anak-anak saat belanja bulanan 

Jika memungkinkan, batasi satu orang saja untuk berbelanja bulanan. Anda mungkin tergoda untuk membawa anak-anak untuk berbelanja bersama karena bisa sekalian jalan-jalan.  Namun, hal tersebut malah bisa meningkatkan risiko terpapar kuman lebih besar dibandingkan hanya pergi sendirian.

3. Gunakan masker wajah

Ketika berbelanja, jangan lupa selalu gunakan masker wajah dan jangan menyentuh wajah Anda. Mengenakan masker wajah mencegah terjadinya penularan penyakit dari orang yang berada di supermarket. Selain penggunaan masker, penggunakan face shield juga bisa menjadi tambahan untuk ekstra proteksi.

4. Hindari berlama-lama dan menyentuh barang yang tidak ada dalam daftar belanja

Groceries memang menyenangkan buat sebagian ibu. Selain bisa cuci mata, ibu juga kadang menjadikan belanja bulanan sebagai me time. Namun, karena masih dalam situasi pandemi, cobalah untuk membuat prioritas belanja dan jangan terlalu lama berada di ruangan tertutup seperti supermarket untuk meminimalisir Anda tergoda menyentuh barang-barang yang tidak diperlukan.

5. Bersihkan diri dan barang belanja

Segera mandi, cuci tangan, dan ganti pakaian begitu sampai di rumah. Sejauh ini, belum ada bukti kuat yang menyatakan kemasan makanan berhubungan dengan penyebaran coronavirus. Namun tidak ada salahnya melakukan tindakan pencegahan ekstra dengan membersihkan kemasan produk dan membiarkannya mengering sebelum disimpan di dalam lemari penyimpanan.

Dengan melakukan cara hidup sehat seperti di atas, Anda dan anak-anak bisa tetap sehat di masa pandemi. Dalam menjaga kebersihan harus dengan teliti agar risiko tertular penyakit dapat diminimalisir.

Temukan beragam tips perlindungan keluarga terpercaya dengan klik disini atau pelajari lebih lanjut mengenai Dettol yang  kini telah diuji terhadap virus COVID-19.



Sumber:

https://www.fda.gov/food/food-safety-during-emergencies/shopping-food-during-covid-19-pandemic-information-consumers

https://health.clevelandclinic.org/tips-for-grocery-shopping-during-the-covid-19-pandemic/