Breadcrumbs

Mitos: Homeopati dapat melindungi Anda dari virus corona

Obat homeopati disebut-sebut sebagai opsi yang mungkin dapat mengurangi risiko tertular virus corona baru (COVID-19), terutama melalui Internet dan media sosial.

COVID-19 adalah penyakit baru, jadi belum banyak penelitian tentang apa yang bisa mencegah atau mengobatinya. Saat ini tidak ada bukti bahwa obat homeopati dapat mengurangi kemungkinan tertular COVID-19 atau mengobatinya. Ini berarti mereka tidak boleh dipromosikan sebagai obat COVID-19 dan regulator obat-obatan telah meminta setidaknya satu pos media sosial seperti itu untuk dihapus.

Berdasarkan apa yang sudah kita ketahui tentang obat homeopati, sangat-sangat tidak mungkin mereka dapat mencegah COVID-19. Laporan dari House of Commons Science and Technology Committee pada tahun 2010 menyimpulkan bahwa penelitian telah menunjukkan bahwa pengobatan homeopati tidak lebih efektif daripada plasebo, dan tidak ada dasar ilmiah untuk mengharapkan efek yang mujarab.

Dari mana cerita ini berasal?

Berbagai posting di Internet dan media sosial, seperti yang ini, telah menyarankan bahwa meminum obat homeopati secara teratur dapat membantu untuk menghindari COVID-19. Memang betul, Kementerian Ayurveda, Yoga & Naturopati, Unani, Siddha, Sowa Rigpa dan Homeopati (AYUSH) di India juga telah membuat saran serupa.

Apa yang mendasari pernyataan ini?

Pernyataan tersebut didasarkan pada teori homeopati dan bukan berdasarkan bukti penelitian.

Homeopati telah digunakan sejak abad ke-18, dan didasarkan pada gagasan bahwa zat yang menyebabkan gejala tertentu juga dapat membantu mengobati gejala tersebut jika diberikan dengan dosis yang sangat, sangat rendah. Zat yang relevan diencerkan dalam air sampai hampir tidak ada yang tersisa.

Berdasarkan gejala COVID-19, ahli homeopati menyarankan pengobatan yang mereka yakini dapat membantu mencegah atau mengobatinya.

Tidak ada bukti penelitian yang ditemukan untuk mendukung klaim ini melalui pencarian basis data dari studi yang sedang berlangsung atau studi yang dipublikasikan. Tidak ada uji coba yang sedang berlangsung yang menguji apakah obat homeopati dapat mencegah atau mengobati COVID-19 yang diidentifikasi dalam registri uji coba ClinicalTrials.gov pada 4 Maret 2020. Tidak ada penelitian yang diterbitkan yang menguji dampak homeopati untuk pencegahan atau pengobatan virus corona dalam naskah penelitian di katalog di PubMed (4 Maret 2020).

Apa yang sumber terpercaya ungkapkan?

Karena tidak ada bukti yang dipublikasikan tentang homeopati untuk COVID-19 yang diidentifikasi, kami melihat bukti pada homeopati untuk infeksi pernapasan secara lebih luas.

Sebuah tinjauan sistematis Cochrane dari 2018 mengamati pengobatan homeopati untuk mencegah atau mengobati infeksi saluran pernapasan akut pada anak-anak. Tidak ada manfaat dari pengobatan homeopati dibandingkan dengan plasebo. Pada tahun 2015, Australian Government’s National Health and Medical Research Council (NHMRC) menilai bukti seputar penggunaan homeopati untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan. Mereka menyimpulkan bahwa tidak ada bukti yang dapat diandalkan bahwa homeopati lebih efektif daripada plasebo untuk mengobati infeksi saluran pernapasan atas atau penyakit serupa flu.

Kutipan

  1. Mahon B. Regulator calls for covid-19 ‘remedy’ Facebook post to be removed. The Times. 29 Februari 2020. https://www.thetimes.co.uk/article/regulator-calls-for-covid-19-remedy-facebook-post-to-be-removed-jlt25sbmp (Accessed March 4 2020)

Daftar Pustaka

  1. Hawke K et al. Homeopathic medicinal products for preventing and treating acute respiratory tract infections in children. Cochrane Database of Systematic Reviews 2018. https://www.cochranelibrary.com/cdsr/doi/10.1002/14651858.CD005974.pub5/full
  2. NHMRC. Homeopathy. https://www.nhmrc.gov.au/about-us/resources/homeopathy (Accessed March 4 2020)
  3. NHS website. Health A to Z: Homeopathy. https://www.nhs.uk/conditions/homeopathy/ (Accessed March 4 2020)
  4. UK House of Commons, Science and Technology Committee. Fourth Report. Evidence Check 2: Homeopathy. 2010. https://publications.parliament.uk/pa/cm200910/cmselect/cmsctech/45/4502.htm