Breadcrumbs

Polusi Bikin Kulit Jadi Kering? Simak 3 Langkah Mudah Mengatasinya!

Polusi di Indonesia, khususnya di kota besar seperti Jakarta, saat ini memang sangat mengkhawatirkan. Berbagai laporan dan riset dari badan kesehatan internasional seperti World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa level polusi di Jakarta telah melebihi ambang batas aman yang disarankan oleh WHO.

Sumber polusi utama terdiri dari emisi kendaraan bermotor, pembakaran kayu dan batu bara, asap dari industri, hingga uap bahan-bahan kimia seperti pestisida yang mempengaruhi kualitas udara di sekitar kita. Selain dapat berpengaruh buruk terhadap kesehatan khususnya pernapasan dan tubuh manusia, polusi juga dapat berdampak negatif terhadap kulit kita, mulai dari penuaan dan munculnya keriput, masalah iritasi kulit, hingga hawa panas yang juga dapat menyebabkan kulit mengalami kekeringan parah.

Bagi Anda yang kerap beraktivitas di luar ruangan, tidak cukup hanya bermodalkan masker untuk menutup mulut dan hidung. Anda juga wajib memperhatikan kesehatan kulit dan mengetahui cara mengatasinya dengan tepat dan cepat. Yuk, simak 3 langkah di bawah ini untuk mencegah kekeringan pada kulit akibat polusi.

3 Langkah Jitu Untuk Atasi Kulit Kering Akibat Polusi

1. Membersihkan Tubuh Dengan Mandi Setiap Hari

Cara termudah untuk mengatasi masalah kulit kering akibat polusi adalah dengan membersihkan seluruh tubuh sehabis keluar rumah. Agar lebih efektif, gunakan sabun lembut dengan bahan-bahan yang dapat membantu melembapkan dan menjaga kekebalan kulit agar mampu melawan efek polusi. Anda dapat mencoba Dettol Moisture. Sabun lembut ini mengandung aloe vera dan avocado serta dirancang dengan formula khusus yang lembut, mengembalikan kelembapan kulit dan menjaganya tetap lembap hingga 8 jam setelah mandi. Tak hanya itu, Dettol Moisture juga merupakan sabun antibakteri yang akan membantu membersihkan tubuh Anda secara menyeluruh dengan lebih maksimal.

2. Jaga Hidrasi Tubuh

Saat kulit mengalami dehidrasi, risiko buruk polusi serta sinar matahari dapat mempercepat timbulnya masalah penuaan serta kulit kering. Air sangat penting untuk menjaga fungsi kulit sebagai proteksi tubuh terhadap polutan dan kuman berbahaya. Untuk menjaga hidrasi tubuh dan kulit, pastikan Anda minum air minimal 8 gelas dalam sehari.

3. Gunakan pelembap dan tabir surya

Saat Anda hendak pergi keluar rumah di siang hari, sempatkanlah untuk memakai pelembap dan tabir surya pada kulit, khususnya di area kulit yang terpapar sinar matahari seperti lengan, leher, dan wajah. Kombinasi pelembap dan tabir surya sangat penting untuk mencegah dehidrasi kulit yang disebabkan oleh polusi. Proteksi terhadap sinar UV yang merusak kulit juga wajib menjadi bagian dari perawatan kulit Anda sehari-hari.

Nah, tidak perlu khawatir lagi saat keluar rumah! Sayangi dan rawatlah kulit Anda dengan seksama setiap hari, agar kulit tidak mengalami kekeringan dan mampu melindungi tubuh Anda dari berbagai bahaya polusi.