Breadcrumbs

Area rentan kuman di dapur

Kebanyakan kasus keracunan makanan muncul dari dalam rumah dibandingkan di luar, dari area rentan kuman hasil dapur yang kotor. Jadi apa yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyebaran bakteri yang berbahaya?

Banyak keluarga menghabiskan waktu bersama mereka di dapur sambil berbagi makanan. Dapur merupakan tempat yang paling penting di dalam rumah karena makanan keluarga berasal dari sana. Di situ juga menjadi tempat yang populer untuk menemukan bakteri.

Anda tidak perlu begitu obsesif membersihkan setiap sudut dan permukaan setiap beberapa menit, namun ada beberapa area kuman utama yang perlu dibersihkan lebih dari pada yang lainnya untuk memastikan keamanan dapur yang terbaik.

Area rentan kuman di dapur

Kain atau spons

Bakteri bisa bertumbuh dengan cepat di kain pembersih yang lemba. Bakteri ini bisa menyebar ke benda dan permukaan lain dapur ketika kain atau spons digunakan berulang kali. Gunakan kain sekali pakai atau dekontaminasi kain dan spons yang dapat digunakan kembali dengan merendamnya ke dalam larutan Cairan Antiseptik.

Permukaan yang menyentuh makanan

Tempat kerja dan papan pemotong bisa dengan mudah terkontaminasi oleh bakteri dari makanan mentah seperti daging, daging unggas, salad, buah-buahan dan sayuran. Makanan mentah dan siap saji harus disimpan terpisah, secara ideal menggunakan papan pemotong dengan warna yang berbeda.  Semua permukaan harus dibersihkan setelah pemakaian, dan setelah itu tangan Anda harus dicuci bersih menyeluruh.

Permukaan yang sering disentuh

Ada sejumlah permukaan di dapur yang berpotensi membuat rute untuk transmisi kuman. Sebelum mempersiapkan makanan, Anda harus mencuci tangan dengan sabun walaupun tidak terlihat kotor. Anda harus membersihkan permukaan secara teratur karena mereka mungkin terkontaminasi melalui kontak dengan tangan kotor yang telah menangkap bakteri dari makanan mentah. Beberapa permukaan yang sering disentuh di dapur termasuk:

  • Permukaan dalam kulkas, pendingin dan peranti masak cepat
  • Gagang pintu dan pegangan laci
  • Bangku kerja
  • Keran

Wastafel

Wastafel bisa terkontaminasi saat makanan mentah (misalnya daging unggas, buah mentah, salad dan sayuran) dicuci di wastafel sebelum persiapan memasak. Membilas barang-barang yang terkontaminasi seperti spons dapur dan kain pembersih atau menggunakannya untuk membersihkan wastafel akan menambahkan kontaminasi bakteri. Permukaan wastafel dan area di sekitarnya termasuk keran harus dibersihkan secara teratur.

Tempat sampah

Tempat sampah juga merupakan area rentan kuman. Gunakan tempat dengan penutup untuk mencegah binatang peliharaan dan untuk mengurangi bau. Kosongkan, bersihkan dan disinfeksi secara teratur, jangan lupa untuk membersihkan dan mendisinfeksi pegangan dan penutup.

Jangan lupa untuk mencuci tangan Anda

Tangan Anda adalah salah satu penyebab paling utama kontaminasi silang dan infeksi silang di rumah. Ketika Anda menggunakan dapur, pastikan untuk mencuci tangan Anda dengan sabun sebelum dan sesudah mempersiapkan makanan dan sebelum makan.