332 TODDLERS GUIDE TO HANDWASHING 740X400

Tangan si kecil bisa saja memagang banyak benda yang kotor setiap harinya. Rasa ingin tahunya yang besar akan membuatnya menyentuh apapun termasuk kuman penyakit. Usahakan untuk mencuci tangan anak Anda dengan teratur agar tetap sehat. gigi dari dalam mulutnya. Membilas mulut dengan air ternyata dapat mengurangi fungsi flouride.

Ketika mengajari anak mencuci tangan, Anda bisa melakukannya sambil bermain dan memberinya hadiah bila dia sudah mencuci tangannya dengan benar.

Memberikan pujian dan dukungan kepada si kecil untuk mencuci tangan mungkin terlihat aneh, tetapi hal ini bisa mendorong mereka untuk kembali mengulangi gaya hidup sehat ini di kemudian hari. Anda bisa menggunakan sticker sebagai pengingat kapan saja si kecil mencuci tangannya. Sticker ini sekaligus bisa menjadi hadiah kepadanya karena telah mencuci tangan secara teratur.

Anak Anda akan mudah sekali untuk menyentuh benda-benda di sekitarnya. Oleh karena itu, mencuci tangan sangat penting bagi si kecil. Anda bisa memberi contoh kepadanya untuk ikut mencuci tangan dengan teratur.

Anda perlu membiasakan diri sendiri untuk mencuci tangan dengan teratur, bukan saja penting untuk si kecil tapi juga seluruh keluarga.

Mencuci tangan bukan sekedar mengusapkan sabun pada tangan, tetapi lebih dari itu bila Anda ingin tangan Anda benar-benar bersih dan sehat. Berikut ini adalah panduan untuk tangan anak yang bersih.

Kapan anak Anda perlu mencuci tangan

Tiga hal penting untuk mencuci tangan si kecil:

  • Sebelum makan
  • Setiap kali keluar dari toilet atau buang air 
  • Sebelum menyiapkan makanan

Meskipun anak Anda tidak membantu memasak di dapur, tetapi penting bagi Anda mencuci tangan untuk memberi contoh yang baik kepadanya.

Secara alami, anak Anda pasti akan menyentuh banyak benda dan berhubungan dengan kuman, entah dari luka/lecet ataupun dari bermain di luar rumah. Oleh karena itu, kebiasaan mencuci tangan harus diajari sedini mungkin.

Mencuci tangan. 9 langkah menuju tangan sehat

Apakah Anda tahu, bahwa dibutuhkkan waktu sekitar 40 detik untuk mencuci tangan sampai bersih? Ajari anak Anda untuk melakukannya dengan benar. Lakukan sambil bermain dan bernyanyi "Happy Birthday" sebanyak 2X agar ada cukup waktu mencuci tangan sampai benar-benar bersih. Berilah contoh kepadanya dengan ekspresi tangan dan si kecil biasanya akan mengikuti. Mungkin Anda juga bisa bertanya kepadanya bagaimana cara mencuci tangan sehingga dia tetap ingat dengan baik.

Mencuci tangan dengan gembira

  1. Basahi tangan dengan air yang mengalir
  2. Tuang sabun cuci tangan secukupnya
  3. Usapkan sabun ke kedua telapak tangan (jangan sampai kena air)
  4. Usap jari-jari, jempol, dan sela-sela jari
  5. Gosok kuku-kuku
  6. Gosok punggung tangan
  7. Bilas dengan air yang mengalir
  8. Keringkan dengan handuk kering atau tisu
  9. Pujillah si kecil sehabis melakukannya dengan benar.

Meskipun tidak mudah, tetapi Anda harus tetap mengajari anak Anda mencuci tangan karena hal ini akan terus digunakannya seumur hidup.

Sedihnya, setiap tahun ribuan orang, terutama anak-anak di negara berkembang adalah kelompok yang paling rentan terserang penyakit (yang sebenarnya mudah untuk dihindari). Oleh karena itu kebiasaan mencuci tangan sangatlah dan bisa membawa perubahan besar.