Bagaimana kita terkena infeksi ?
Apa yang dimaksud dengan kuman ?
Mencuci Tangan
Kebersihan Pribadi
  Solusi Dettol untuk Keluarga  
     
  Klik Disini untuk mencari Solusi Dettol yang tepat untuk Rumah Anda dan Keluarga  
   
   Pelajari lagi  
 
 
   
  Fun games and useful information for kids  
  Hanya untuk Anak anak  
 
 
Apa yang dimaksud dengan Kuman ?
 
Kita secara konstan terekspos kepada mikro-organisme, yang baik dan yang buruk. Kebanyakan mikro-organisme yang kita eskspos sehari-hari tidak berbahaya. Beberapa bahkan membantu kita tetap sehat. Tetapi mikro orgnaisme tertentu ketika di tempat yang salah dapat menjadi ancaman kesehatan yang nyata. Kita menyebut mikro organisme yang berbahaya dengan kuman.
 

Beberapa paparan pada kuman dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh kita, membantu kita memerangi infeksi dan tetap sehat. Sedangkan paparan pada kuman yang lainnya, dapat menyebabkan kita keracunan makanan, sakit dan diare, jadi adalah lebih baik untuk selalu menjaga kebersihan yang higienis dan baik yang akan mencegah dari permasalahan ini.

 
Contoh mikro organisme
Bakteri : Bakteri Salmonella dapat menyebabkan keracunan makanan
Virus : Rhinoviruses dapat menyebabkan pilek. Herpes simplex menyebabkan sariawan.
Jamur : Candida dapat menyebabkan gatal-gatal.
Parasites: Giardia dapat menyebabkan diare.
 

Dimana kuman ditemukan ?

 
Kuman hidup di sekitar kita di tanah, udara, air, makanan, binatang, tumbuhan dan orang. Setiap jenis kuman memiliki kebutuhan untuk bertahan hidup yang berbeda. Virus harus didalam organisme yang hidup (orang, binatang, atau dalam beberapa kasus, didalam tumbuhan) untuk tumbuh dan berkembang biak. Bakteri dapat tumbuh dan berkembang biak baik di dalam maupun diluar rumah mereka, selama mereka mendapatkan hangat dan lembab. Beberapa bakteri bahkan membentuk spora perlindungan yang dapat bertahan dalam jangka waktu lama di lingkungan ketika mereka menunggu kondisi yang nyaman untuk kembali.

 
Bakteri dapat tumbuh dan membelah diri setiap 20 menit. Satu sel bakteri dapat berkembang biak menjadi lebih dari 8 juta sel dalam waktu kurang dari 24 jam.
 
  Next