Breadcrumbs

Cara Mencuci Tangan

Cara mencuci tangan yang benar untuk Anda sekeluarga

Kapan terakhir kali Anda mencuci tangan? Apakah Anda melakukannya dengan benar?

Apakah Anda tahu bahwa dibutuhkan waktu 40 detik sampai 1 menit untuk mencuci tangan dengan benar? Setara dengan ketika Anda menyanyikan lagu "Happy Birthday" sebanyak 2 kali. Anda mungkin tidak perlu menyanyi ketika mencuci tangan, tetapi setidaknya Anda butuh waktu yang sesuai agar tangan Anda bersih.
Menjaga kebersihan tangan dapat menghampat penyebaran kuman penyebab penyakit seperti diarea, muntaber, dan infeksi lainnya. Ikuti 8 langkah di bawah ini untuk menyempurnakan teknik cuci tangan Anda:

Cara mencuci tangan yang benar:

  1. Basahi tangan dengan air yang mengalir
  2. Tuang sabun cuci tangan secukupnya
  3. Usapkan 2 telapak tangan, jangan sampai kena air
  4. Usap jari-jari, jempol, dan selipan jari-jari
  5. Gosok kuku-kuku
  6. Gosok punggung tangan
  7. Bilas dengan air yang mengalir
  8. Keringkan dengan handuk bersih atau tisu

Mungkin mudah melupakan cuci tangan karena sibukanya Anda setiap hari, tetapi Anda perlu melakukannya sebagai kegiatan rutin. Buatlah catatan, bisa ditulis di tangan, membuat pengingat di telepon genggam, atau menuliskannya pada kertas.

Kebersihan tangan yang utama

Tentu saja Anda tidak bisa selalu mencuci tangan dimanapun bila tidak ada air dan sabun. Tetapi itu bukanlah alasan untuk tidak mencuci tangan. Anda bisa menggunakan Dettol Hand Sanitiser yang mampu membasmi kuman dengan segera tanpa air.

Tuangkan sebanyak 1 sendok teh ke telapak tangan Anda dan usapkan sampai kering.

Anda perlu mencuci tangan sebelum makan dengan Dettol Hand Sanitiser di tempat-tempat umum seperti toko, taman, dan kendaraan umum. Tetapi Anda tetap harus mencuci tangan juga kalau terlihat kotor. Penggunaan Hand Sanitiser pada anak-anak harus tetap dalam pengawasan orang dewasa.