621 IMPORTANCE OF HAND WASHING TO HEALTH 740X400

Mencuci tangan adalah hal sederhana yang penting untuk dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit seperti sakit perut, pilek, flu, dan penyakit serius lainnya.

Tetapi tetap banyak orang yang tidak mencuci tangan….

6 Alasan mengapa orang-orang tidak mau mencuci tangan

1. Saya tidak pergi kemanapun

Meskipun Anda seharian di rumah, tetapi tangan Anda telah menyentuh banyak kuman tanpa diketahui. Anda tidak menyadari bahwa bakteri yang menempel di tangan bisa bertahan hidup berbulan-bulan. Banyak benda yang menjadi sarang bakteri yaitu tombol dan pegangan telepon, pegangan pintu, remote control TV, dan permukaan yang umumnya disentuh setiap harinya.

2. Tangan saya tidak terlihat kotor

Setiap hari debu dan kotoran membawa kuman, sehingga tangan Anda perlu dicuci bila sudah kotor. Tetapi bagaimana dengan organisme dan bakteri sangat kecil  yang tidak terlihat?

Dalam kegiatan sehari-hari, tangan Anda pasti menyentuh kuman, terutama setelah pergi ke toilet dan menyiapkan makanan. Oleh karena itu sangat penting untuk mencuci tangan secara teratur.

3. Saya terlalu sibuk

Apakah Anda sedang terburu-buru sehingga tidak sempat mencuci tangan setelah keluar dari toilet? Tetapi akibat tidak mencuci tangan ternyata lebih besar dari yang Anda kira. Biaya pengobatan yang harus dikeluarkan jika terkena penyakit tidaklah murah. Begitu pula hari kerja yang hilang jika Anda sakit.

4. Saya lupa

Dengan padatnya aktivitas Anda, bisa saja Anda lupa mencuci tangan. Oleh karena itu, jadikanlah mencuci tangan kegiatan rutin sehingga biasa. Ingatkan diri sendiri, buatlah coretan di tangan, pengingat di telepon selular, atau tulislah di secarik kertas.

Cucilah tangan sebelum:

  • Makan dan menyiapkan makanan
  • Mengobati dan menutup luka
  • Menggendong bayi
  • Mengganti popok bayi

Cucilah tangan sesudah:

  • Memegang makanan
  • Mengganti popok dan pergi dari toilet
  • Bersentuhan dengan cairan tubuh (carah, liur, muntah, dll)
  • Memegang hewan
  • Membersihkan tong sampah
  • Berkebun

Pada intinya, cuculah tangan Anda ketika kotor

5. Saya tidak berada dekat dengan sabun dan air

Bawalah Dettol Hand Sanitizer dan Tisu Basah Antiseptik Dettol untuk membunuh kuman. Gunakan sebelum Anda memegang makanan dan benda-benda lain di tempat umum.

6. Kuman baik untuk kekebalan tubuh

Memang benar, bahwa kuman bisa menjadi pemicu pertahanan tubuh terhadap infeksi yang sama di kemudian hari. Tetap bagaimana dengan keracunan makanan? Bersentuhan dengan kuman seringkali tidak melindungi Anda dari infeksi tertentu.

Setiap hari Anda bersentuhan dengan bermacam kuman dan banyak yang berbahaya. Oleh karena itu, lindungilah diri Anda sendiri dengan mencuci tangan secara teratur.