Pengetahuan tentang kuman
Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K)
Adik bayi
 
Pengetahuan tentang kuman
 
Apa Yang Dimaksud Dengan Kuman?

Kuman adalah mikro-organisme (benda hidup yang terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang). Kebanyakan mikro-organisme tidak berbahaya, tetapi beberapa mikro-organisme dapat membuat kita sakit. Kita cenderung menyebut mikro-organisme ini dengan kuman.

Kuman dapat berupa bakteri, virus, jamur atau parasit. Ketika bakteri tertentu masuk ke dalam makanan anda dan cara memasak yang tepat tidak dapat membunuh mereka, maka kamu akan terkena sakit perut.

Beberapa virus akan menyebabkan flu. Jamur tertentu dapat memberikan kamu infeksi kulit. Beberapa parasit dapat menyebabkan diare.

 
Bagaimana Kuman Menyebar?

IIngat, kuman terlalu kecil untuk dilihat, tetapi mereka dapat menyebar dengan mudah di seluruh lingkungan (tempat kamu tinggal).

Kuman dapat ditemukan hampir dimanapun: di kamar mandi, di lemari es, dalam makanan tertentu, pada permukaan seperti mainan, lantai, bahkan pada binatang peliharaan kamu.

Untuk melindungi kamu dari infeksi, penting sekali untuk selalu mencuci tanganmu sebelum atau setelah aktivitas tertentu terutama sebelum dan setelah makan, setelah pergi ke toilet, sebelum dan setelah membantu di dapur, setelah bermain di luar rumah, dan kapanpun tanganmu terlihat kotor.

Ketika sakit, kamu dapat dengan mudah menyebarkan kumannya ke orang lain dengan bersin dan sentuhan. Banyak orang terkena batuk dari orang lain dengan menyentuh hal yang sama, seperti gagang pintu.

 
Lanjutkan