Flu Singapura (HFMD)

4216 HAND FOOT AND MOUTH

Flu Singapura (HFMD) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang anak-anak berusia dibawah 10 tahun. Pada beberapa kasus, penyakit ini bisa membahayakan jiwa. Ada pendapat yang menghubungkan infeksi otak (ensefalitis) dengan penyakit tangan, kaki, dan mulut, karena disebabkan oleh strain virus yang sangat mirip. Tetapi penyakit ini hanya menyebar di area Asia Pasifik. Penyakit tangan, kaki dan mulut jarang terjadi pada orang dewasa. Karena penyakit ini mudah menular, disarankan agar manusia menghindari tempat-tempat penyakit tersebut sebelum dibersihkan.

Penyebab

Flu Singapura disebabkan oleh beberapa jenis virus dari kelompok yang disebut enterovirus. Mereka bisa ditemukan pada lendir hidung dan leher, nanah, dan tinja pengidap.

Cairan dari penderita, seperti liur bisa dengan mudah menyebar ke orang lain dan lingkungan sekitarnya. Bila pengidap tidak membersihkan tangannya dengan baik, mereka bisa dengan mudah mengkontaminasi makanan dan benda-benda yang mereka sentuh. Pusat penyebaran penyakit ini terjadi di tempat bermain anak-anak dimana ada ruang ganti popok dan buang air. Bila anak Anda memasuki tempat bermain umum, pastikan tempat itu sudah menerapkan sistem kebersihan setiap saat.

Ringkasan gejala

Gejala umum Flu Singapura:

  • Demam
  • Tidak enak badan
  • Bintik merah (tidak gatal) pada kaki dan tangan, lutut, sikut, selangkangan, dan seringkali mengakibatkan blister yang sakit.
  • Tidak berselera makan
  • Sariawan

Gejala yang biasa dialami oleh penderita Flu Singapura adalah dehidrasi. Pastikan penderita minum banyak air putih.

Tips pencegahan

Always wash your hands (and your children's hands)

Wash hands thoroughly after going to the toilet or changing a nappy, and before preparing food or eating food. If  soap and water are not available, use a hand sanitiser.

Avoid close contact with infected people

As hand foot and mouth is highly contagious it is best to avoid close contact with people who are infected with it.

Clean and disinfect contaminated surfaces

Including your child’s toys and dummy if they use one.

Hygienically clean your laundry

Hot wash any bedding, clothing or towels that may be contaminated with saliva, blister fluid or stools.

  • Seringlah mencuci tangan Anda dan anak Anda, terutama setelah kembali dari toilet atau mengganti popok, serta sebelum menyiapkan dan menyantap makanan. Gunakan hand sanitiser atau tissu basah bila tidak ada air dan sabun.

Hindari bersentuhan langsung dengan penderita karena penyakit Flu Singapura mudah menular.

  • Bersihkan dan sterilkan tempat yang terkontaminasi, termasuk mainan anak Anda
  • Sterilkan cucian Anda dengan air panas, terutama yang terkontaminasi oleh air liur, nanah, dan tinja.

Mitos dan fakta

Hand, foot and mouth disease is the same as foot and mouth disease

Not true, they’re different. Foot and mouth disease only affects cattle, sheep and pigs. And you cannot catch hand, foot and mouth disease from animals.

Jika sudah pernah terkena penyakit Flu Singapura, Anda tidak bisa terkena lagi

Tubuh manusia akan kebal terhadap penyakit dengan virus yang mirip, tetapi tidak menutup kemungkinan Anda akan terserang lagi dengan virus yang berbeda.

51 HOME HYGIENE 740X400

Titik-Titik Kebersihan Rumah

Pelajari dan temukan dimana kuman bersembunyi di dalam rumah Anda.

HOW TO WASH HANDS DEVELOPING MARKETS 740X400

Cara Mencuci Tangan

Anda tentu saja sering mencuci tangan, tetapi apakah Anda sudah melakukannya dengan benar? Cara mencuci tangan harus dilakukan dengan benar untuk mencegah penyebaran kuman penyakit. Dapatkan informasi yang lengkap bagaimana Anda sebaiknya mencuci tangan.

55 LAUNDRY 740X400

Cucian Sehat

Kamar mandi bisa menjadi sarang penyakit dengan adanya bekas sabun, kerak, kotoran, dan jamur. Petunjuk bagi Anda yang menginginkan kamar mandi bersih dan sehat bersama Dettol.

Atas halaman