Disentri

Disentri adalah infeksi usus yang disebabkan oleh bakteri dan amuba, terkadang disertai darah dan lendir pada feses. Disentri mudah menyebar karena lingkungan yang tidak higienis sehingga mudah menular pada makanan manusia. Pelajari gejala umumnya, bagaimana penyebaran dan cara menghindarinya.

Penyebab

Ada 2 penyebab disentri:

  • Bacillary dysentery (shigellosis) disebabkan oleh bakteri Shigella yang terdapat pada feses. Banyak ditemukan pada negara-negara dengan kualitas sanitasi buruk.
  • Amoebic dysentery (amoebiasis) disebabkan oleh parasit bersel satu Entamoeba histolytica yang banyak ditemukan di daerah ropis.

Dua jenis disentri ini pada umumnya terdapat di daerah yang kotor sehingga mudah menulari makanan.

Ringkasan gejala

Gejala umumnya:

  • Diare disertai darah dan lendir
  • Kejang perut
  • Mabuk/pusing
  • Muntah
  • Nyeri perut
  • Demam tinggi

Tips pencegahan

Cucilah tangan Anda dengan teratur menggunakan air dan sabun., khususnya sebelum memegang makanan dan setelah pergi dari toilet.

Kurangi sentuhan fisik dengan orang yang sedang sakit. Gunakan handuk, gelas, dan barang-barang pribadi yang terpisah sebelum sembuh.

Hindari minum di gelas yang sama ketika berada di area yang berisiko. Air harus dimasak dan disterilkan dahulu, atau Anda bisa minum air dalam kemasan.

Berhati-hatilah sebelum menyantap makanan. Hindari buah dan sayuran yang mentah kecuali memiliki kulit, seperti pisang. Hindari susu, keju, dan produk sapi lainnya kecuali sudah dipasteurisasi dan bebas bakteri. Makanan pinggir jalan sebaiknya dihindari karena kebersihannya tidak terjamin. Berhati-hati juga ketika minum dengan es batu, karena bisa saja es tersebut dibuat menggunakan air mentah.

Mitos dan fakta

Q.Air mentah sehat untuk diminum

Belum tentu. Di negara yang sistem sanitasinya kurang higienis, kuman dan bakteri bisa hidup di sumber air dan masuk ke saluran air kran. Untuk memastikan air minum tetap aman, masaklah sampai mendidih atau minum dari air kemasan.

Q.Lambung saya kuat maka saya bisa minum air mentah

Memang benar tubuh Anda memiliki kekebalan untuk melawan kuman dan bakteri setiap hari, tetapi tidak semua orang bisa kebal terhadap disentri, tipus, kolera atau hepatitis karena kuman - kuman tersebut bisa meracuni makanan. Tetaplah menjaga kebersihan dan hindari makanan yang kotor penyajiannya.