Jerawat

427 ACNE

Jerawat adalah kondisi kulit berupa bintik-bintik pada wajah, dada, dan punggung. Jerawat ada pada kebanyakan remaja saat masa puber. Jarang ditemui jerawat pada wanita dewasa yang sudah berumur 20an akhir. Jerawat bisa bermacam-macam dari yang ringan sampai yang buruk (bengkak dan berair)

Penyebab

Jerawat terjadi ketika folikel rambut di kulit tersumbat. Kita semua mengeluarkan minyak di bawah kulit (sebum) dari kelenjar di dekat folikel rambut, yang berfungsi menjaga kelembaban kulit. Tetapi ketika ada jerawat, sebum akan tersumbat, minyak yang terlalu banyak beserta sel kulit mati akan menyumbat folikel. Jerawat terjadi secara ketika bakteri pada kulit bertumbuh di sekitar folikel yang tersumbat sehingga bisa terjadi radang.

Ringkasan gejala

Ada enam jenis jerawat:

Blackheads (Jerawat Hitam) – Yaitu bercak hitam atau kekuningan pada kulit. Warna hitam tersebut bukanlah kotoran tetapi lapisan dalam folikel rambut yang menghasilkan pigment.
Whiteheads (Jerawat putih) – Mirip seperti blackheads tetapi warnanya lebih pudar dan tidak bisa kempes kalau dipencet.
Papules – bercak kemerahan
Pustules – mirip Papules tetapi ada bintik putih pada bagian tengahnya
Nodules – benjolan besar di bawah kulit (bisul)
Cysts – jerawat besar berbentuk seperti gelembung. Kondisi ini merupakan yang paling parah, sakit, dan bisa menyebabkan luka parut permanen.

Tips pencegahan

Cuci muka 2X sehari, menggunakan sabun lembut dan air hangat. Air yang terlalu panas atau dingin bisa memperparah jerawat.

Jangan mencoba untuk memencet jerawat, karena bisa memperparah dan melukai kulit.

Hindari menyentuh wajah sebelum mencuci tangan. Mencuci tangan dengan teratur bisa mencegah penyebaran bakteri di wajah, sehingga mengurangi risiko iritasi dan peradangan.

Mitos dan fakta

Orang dewasa tidak memiliki jerawat

Salah. Jerawat bisa ada pada siapapun, karena pemicunya juga bisa dari hormon pada orang dewasa. Meskipun, secara umum kulit orang dewasa biasanya tidak terlalu berminyak dibandingkan remaja.

Memencet jerawat adalah cara terbaik menyembuhkan jerawat

Salah. Memencet jerawat baik jerawat putih maupun hitam bisa memperburuk jerawat itu sendiri, bahkan bisa menyebabkan luka parut.

Atas halaman