Waspadalah terhadap 4 permukaan tempat

Kita semua melewati ruang publik setiap hari dan sadar akan bahayanya terhadap kesehatan. Tempat-tempat tersebut berisiko karena banyak orang yang bersentuhan dengannya.  Tentunya, kita sebisa mungkin mencoba untuk menjaga anak-anak kita agar tidak sering bersentuhan dengan permukaan kotor di tempat umum, sehingga mereka terlindungi dari kuman dan penyakit. Akan tetapi, menurut sebuah studi yang saya baca baru-baru ini, ada beberapa permukaan tempat yang mungkin sering disentuh oleh anak Anda, tanpa disadari olehnya bahwa ada begitu banyak kuman yang menempel di sana. Faktanya, saya terkejut setelah membacanya. Sejak saat itu, saya menjadi semakin lebih berhati-hati dan waspada!

  1. Pegangan Tangga/Eskalator: Kebanyakan sekolah, sebagian besar area perumahan, stasiun kereta api, bahkan mal dan teater, memiliki tangga atau eskalator. Anak-anak cenderung sering memegang atau menyentuh pegangan tangga atau eskalator ketika naik ke atas atau turun ke bawah.  Akan tetapi, tahukah Anda, bahwa pegangan tangga ini rata-rata memiliki sekitar 60.000 kuman yang mungkin disentuh secara langsung oleh anak Anda?
  2. Kafetaria: Seperti saya, Anda mungkin juga melarang anak jajan makanan di pinggir jalan atau makan makanan cepat saji di luar. Meski demikian, anak-anak sering kali menemukan cara untuk meyakinkan Anda atau, ketika Anda tidak ada, berusaha untuk pergi sendiri dan membeli es krim atau makanan cepat saji kesukaan mereka dengan uang jajan yang Anda berikan. Selain tidak menyehatkan, makanan-makanan tersebut mungkin tidak terlalu aman jika dilihat dari segi kebersihan. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui bahwa kedai makanan /kafetaria rata-rata memiliki sekitar 20.700.000 kuman, yang tentunya tidak akan baik untuk kesehatan anak Anda.
  3. Halte Bus: Apakah anak Anda menunggu bus sekolah di halte setiap hari?Jika ya, Anda harus tahu bahwa ia rentan terpapar sekitar 3.400.000 kuman. Polusi asap bus dan kendaraan lainnya yang ada di jalan, partikel debu, serta alergen lain yang ada di sekelilingnya, juga akan memperburuk keadaan.
  4. Ayunan di Taman Umum: Semua anak sangat suka bermain ayunan, dan sebelum waktu mainnya di sore hari habis, mereka akan memadati taman untuk bermain. Namun, apakah Anda tahu bahwa pada umumnya terdapat 90.000 kuman di permukaan ayunan (atau luncuran, jungkat-jungkit, dll.)? Selain itu, tempat-tempat ini tidak pernah benar-benar dibersihkan, apalagi dibasmi kumannya.

 

Anak-anak akan tetap menjadi anak-anak dan Anda sama sekali tidak akan bisa menghentikan mereka pergi ke tempat-tempat tersebut. Namun, hal yang Anda dapat lakukan adalah memastikan anak Anda sering mencuci tangan serta membawa pembersih tangan (hand sanitizer), khususnya ketika air bersih dan sabun tidak tersedia. Selain itu, ketika anak Anda kembali dari sebuah tempat yang sangat padat atau berpolusi, pastikan mereka tidak hanya mencuci tangan, tetapi juga mandi dengan sabun antikuman untuk membasmi kuman-kuman sekaligus kotoran dan lumuran lainnya.