Real Size 740X400px 02

Musim flu adalah saat berperang melawan kuman. Virus tidak kasat mata dan duduk menunggu untuk dapat berpindah dan menyerang. Ketika Anda atau anak Anda batuk, biasanya sudah terlambat. Begitu Anda sudah menunjukkan gejala, itu artinya Anda sudah bisa menulari penyakit ke orang lain. Mungkin Anda masih bertanya-tanya bagaimana cara menghindari flu. Jawabannya tidak terlalu sederhana.

Karantina ataupun setelan biohazard, bukanlah cara singkat dalam mencegah penyebaran flu. Tapi itu bukan berarti kita berhenti berusaha. Dengan enterovirus seperti EV-D68 yang banyak menyerang anak-anak, bercampur dengan kuman lain, sekarang sangatlah penting bagi Anda untuk tetap menjaga kesehatan keluarga.

Apa yang bisa Anda lakukan?

Pertahanan terbaik adalah dengan perlawanan yang baik. Selain mencuci tangan dengan teratur, berikut adalah cara untuk mencegah flu sebelum mereka menyerang keluarga Anda.

  1. Hindari pelukan dan salaman. Mungkin ini terlihat agak antisosial, tetapi cara ini bisa mencegah penularan flu. Hindari kontak langsung, khususnya dari penderita. Meskipun Anda seorang yang rajin mencuci tangan, tetapi belum tentu orang lain yang berjabat tangan dengan Anda, mencuci tangan serajin Anda kan?
  2. Tetaplah di rumah ketika sakit. Tidak perlu tetap masuk kerja hanya untuk menunjukkan kepada atasan bahwa Anda tangguh dan berkomitmen. Jika Anda sakit, tetaplah di rumah! Selama dirumah pun, tidur yang cukup sampai Anda sembuh dan jangan melakukan pekerjaan rumah.
  3. Cucilah botol air dan gelas setiap kali setelah digunakan. Hal ini sering dianggap sepele. Seringkali Anda menggunakan kembali botol minum untuk ke gym ataupun gelas di meja samping tempat tidur dan berpikir “Apa bahayanya?”. Sangat berbahaya jika Anda sakit. Menggunakan botol dan gelas berulang membiarkan kuman untuk menetap dan akan memperlambat proses pemulihan. Apalagi, hal ini juga meningkatkan risiko orang lain tertular dan jatuh sakit jika mereka minum dari gelas yang sama, yang membawa kita ke tips selanjutnya. Jangan berbagi. Lupakan apapun yang diajarkan ke Anda saat taman kanak-kanak. Musim flu adalah saat untuk menjadi egois.
  4. Hentikan  dahulu penggunaan barang apapun bersama. Pastikan Anda membersihkan pengendali TV jarak jauh dan piranti tablet elektronik tiap kali setelah penggunaan. Jika anak Anda sakit, usahakan anak Anda hanya menggunakan satu tablet elektronik dan tidak digunakan oleh anak yang lain.   
  5. Merawat diri sendiri. Kita selalu mencoba untuk beristirahat dengan teratur dan makan dengan benar, tetapi karena jadwal yang padat maka kita seringkali tidak melakukan hal yang seharusnya dilakukan. Anda selalu menjaga kesehatan keluarga tetapi jangan lupa untuk menyediakan waktu untuk Anda sendiri. Sangatlah penting dalam musim flu untuk menjaga diri sendiri, terutama bila Anda sudah mengalami gejala awal. Daya tahan tubuh yang kuat merupakan cara terbaik menghindari flu.
  6. Dapatkan vaksin flu. Banyak penelitian membuktikan bahwa vaksin flu memberikan perlindungan dan pertahanan yang kuat. Hanya dengan waktu sesingkat 10 menit dan sebuah suntikan cepat dapat menyelamatkan Anda dari rasa yang tidak enak akibat flu mingguan atau bahkan lebih dari itu. (http://www.cdc.gov/flu/protect/keyfacts.htm)
  7. Ketahui fakta-fakta virus flu. Ketika Anda membersihkan rumah, pelajari dulu fakta mengenai kuman sehingga Anda siap menghadapi flu.
    • Virus flu dapat hidup pada permukaan benda sampai dengan 2 hari.
    • Virus flu sensitif terhadap panas dan berkembang biak dengan cepat saat dingin. Virus ini biasanya berawal dari saluran pernapasan dan menyebar dari sana.
    • Enterovirus, berbeda dengan virus flu, biasanya menyerang di antara bulan Juli - Oktober dan akan semakin kuat setelahnya saat suhu mulai turun.
    • Mayoritas penderita flu seringkali menyentuh mata, mulut dan hidung dengan tangan yang terinfeksi.
    • Virus flu biasanya berdiam selama 3 hari sebelum mulai memperlihatkan gejala-gejala.

Bagaimana cara mencegah penularan enterovirus seperti EV-D68 adalah pertanyaan sulit. Tetapi dengan tips diatas, Anda bisa melindungi keluarga Anda dan mencegah flu menyerang rumah Anda.