Teknologi Modern Sahabat Ibu

Kemunculan penyakit baru, serangan virus yang lebih resistan terhadap obat-obatan, dan merebaknya wabah penyakit yang diberitakan di surat kabar, tentu membuat Anda merasa cemas dan mengkhawatirkan kesehatan seluruh anggota keluarga sepanjang waktu. Sebagai seorang ibu, saya pun perlahan-lahan mulai menerima kenyataan bahwa sekadar menjaga kebersihan dasar tidak akan cukup untuk mencegah penyakit. Pada akhirnya, kita semua harus menjaga kebersihan sekaligus menyesuaikan gaya hidup secara menyeluruh, termasuk mengawasi faktor lingkungan seperti polusi udara dan air dengan cara yang lebih canggih dibandingkan sebelumnya. Terdengar sulit? Nah, inilah saatnya kita memanfaatkan teknologi!

Sekalipun tidak dapat mengubah lingkungan sekitar, kita bisa membiasakan gaya hidup tertentu dengan bantuan teknologi untuk melindungi keluarga (terutama anak-anak) dari serangan penyakit era modern.

Alat Penjernih Udara/Air Purifier:  Orang-orang seperti kita, yang tinggal di perkotaan, terus-menerus terpapar beragam jenis polutan dari udara. Polusi udara di perkotaan adalah sumber berbagai penyakit mematikan, terutama pada anak-anak yang sangat rentan terhadap penyakit karena sistem kekebalan tubuhnya yang belum sempurna. Saya tahu, menghindari polusi udara sama sekali nyaris tidak mungkin dilakukan. Meski demikian, masih ada cara untuk menguranginya. Saya mulai menggunakan penjernih dan penyaring udara, karena kedua alat ini merupakan pilihan yang paling mudah namun cukup efektif untuk mencegah penyakit saluran napas, serangan alergi, serta penyakit paru-paru dan jantung. Selain itu, penjernih udara juga menghasilkan udara yang lebih bersih bagi anak-anak, yang pada akhirnya akan menyehatkan pernapasan sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh mereka.

Alat Pemurni Air Berteknologi Tinggi/Advanced Water Purifier: Sebagai ibu modern, total padatan terlarut (TDS) dalam sumber air pun kita perhatikan, bahkan isi tempat penampungan air juga diganti secara berkala. Namun, dengan semakin banyaknya polutan yang masuk ke dalam kandungan air, langkah pencegahan di atas tidak lagi cukup. Limbah industri berskala besar yang mengotori sumber air serta tahapan filtrasi limbah modern yang tidak memadai membuat saya meragukan keamanan air minum yang kita konsumsi. Inilah mengapa saya merasa penggunaan alat pemurni air rumahan untuk mengatasi tingkat polusi yang tinggi di dalam air adalah pilihan yang terbaik. Alat pemurni air canggih mampu menyingkirkan beragam bahan pengotor di dalam air seperti timbal, tembaga, kuman, pestisida, dan herbisida, sehingga membantu melindungi anak-anak dan keluarga dari serangan infeksi, penyakit, dan masalah kesehatan lainnya.

Aplikasi Kesehatan: Teknologi saat ini mempermudah kita berbagi, menyimpan, dan menganalisis informasi. Fakta bahwa seseorang yang memperhatikan kesehatan seperti Anda membaca blog ini untuk mencari informasi tentang tren di dunia kesehatan adalah buktinya. Sama halnya, beberapa aplikasi ponsel seperti “Baby and Child Health Tracker” dari WebMD, bisa menjadi alat yang bermanfaat untuk menyimpan dan menyelaraskan informasi kesehatan anak, memeriksa gejala penyakitnya, serta membantu Anda mengambil keputusan mengenai kesehatan anak. Saya menggunakan beberapa aplikasi kesehatan seperti “HealthVault”, “Baby Connect”, dan “Total Baby”, serta beberapa aplikasi lainnya untuk memantau pola makan, pola tidur, dan jadwal olahraga anak saya.

Apotek dan Toko Obat Daring/Online:  Banyak situs web saat ini menjual obat-obatan melalui internet dan dapat mengirimkannya ke rumah pada waktu yang Anda tentukan. Saya juga pernah memesan obat-obatan melalui internet, dan percayalah, layanan ini sangat membantu meringankan tugas ibu bekerja. Anda hanya perlu resep dokter, dan obat akan segera diantarkan ke rumah dalam sekejap! Untuk gangguan kesehatan ringan atau masalah yang tidak serius, Anda bahkan juga bisa membeli obat tanpa disertai resep dokter.

Walaupun mungkin turut berperan besar dalam peningkatan polusi lingkungan, teknologi juga telah membantu mempermudah pengasuhan anak, serta meringankan tuntutan peran saya sebagai orang tua modern. Dengan bantuan teknologi, dan mungkin juga beberapa peralatan modern berteknologi mutakhir, ibu modern dapat menjaga kesehatan anak-anak, serta menjauhkan mereka dari beberapa jenis kuman serta penyakit.