Breadcrumbs

Pencegahan Penyakit dan Pengendalian Infeksi

Pengendalian infeksi di rumah

Kuman memang banyak di sekitar kita, tetapi Anda tidak perlu khawatir karena mereka sebetulnya tidak berbahaya. Bahkan ada beberapa bakteri yang berguna untuk tubuh seperti yang ada di saluran pencernaan. Hal terpenting adalah bagaimana Anda bisa melindungi keluarga dari kuman berbahaya yang bisa menyebabkan infeksi.

Dimana saja kuman menyebar?

Secara umum, kuman menyebar melalui manusia, hewan, air dan makanan yang kotor.

Bagaimana kuman menyebar bisa tergantung dari kita. Apakah kita sudah rajin membersihkan peralatan rumah tangga secara teratur. Karena kuman mudah menyebar di lingkungan yang kotor melalui tangan manusia kecuali kita rajin mencuci tangan.

Demikian juga dengan penularan virus. Cairan tubuh yang terbawa dari penderita bisa menyebar ke lingkungan melalui batuk, bersin, dan hembusan napas.

Hal ini disebut rantai infeksi. Kuman dan bakteri dari satu orang terbawa ke orang lain. Tetapi kabar baiknya, Anda bisa memutus rantai infeksi ini.

Memutus rantai infeksi

Cara terbaik memutus rantai infeksi adalah dengan menjaga kebersihan, yaitu:

  • Mencuci tangan dengan teratur. Terutama sebelum makan, sebelum dan sesudah menyiapkan makanan, setelah batuk/bersin, mengganti popok, dan setelah menggunakan toilet.
  • Tutup hidung dan mulut Anda ketika batuk/bersin dan buanglah tissu bekas tersebut di tempat sampah.
  • Jaga keamanan makanan. Bersihkan tangan dan permukaan dapur secara teratur, pisahkan antara makanan mentah dan matang. Masaklah makanan hingga mendidih untuk membunuh bakteri.
  • Vaksinasi atau imunisasi adalah cara yang tepat untuk melindungi diri dari infeksi serius. Pastikan seluruh anggota sudah mendapatkan vaksinasi yang diperlukan.
  • Bersihkan dan basmi kuman pada permukaan benda-benda di rumah, khususnya yang bersinggungan dengan makanan dan benda umum lainnya seperti kran air, gagang pintu dan tombol telepon.

Bersihkan atau disinfeksi? Apa perbedaannya?

Membersihkan, artinya Anda membuang debu/kotoran dan kuman, biasanya menggunakan deterjen atau air. Khususnya untuk perlengkapan makan yang kecil.

Disinfeksi artinya membasmi sebagian besar kuman yang ada. Kegiatan ini perlu dilakukan pada benda-benda yang besar yang tidak bisa dibersihkan dengan sabun. Misalnya meja, toilet, wastafel, dan gagang telepon. Dengan teratur melakukan sterilisasi di rumah, makan akan mencegah penyebaran kuman dan bakteri.

Ingat, bahkan rumah yang bersihpun tidak luput dari kehadiran bakteri. Dapatkan informasi yang lebih lengkap tentang penyakit dan lainnya di website kami.