Real Size 740X400px 04

Dokter selalu mengatakan, “jika kamu sakit, maka beristirahatlah di rumah”. Tips ini sangat ampuh untuk Anda dan keluarga yang ingin menghindari penyebaran penyakit. Hal terakhir yang ingin Anda alami adalah Anda dan seluruh keluarga sakit flu. Meskipun tidak ada cara yang pasti dalam mencegah flu, setidaknya Anda kini bisa mencegah diri Anda dan keluarga dari flu. Berikut tipsnya:

1. Jangan merokok.

Ini adalah alasan lain untuk berhenti merokok, karena rokok bisa melemahkan daya tahan tubuh. Penelitian membuktikan bahwa perokok lebih sering terkena flu daripada yang bukan perokok. Asap rokok bisa mengeringkan saluran hidung dan merusak silia (rambut halus yang berfungsi untuk menyaring kuman yang masuk ke hidung). Bahkan berdekatan dengan perokok juga bisa meningkatkan risiko terkena flu dan demam.

2. Konsumsi sayuran hijau.

Singkirkan vitamin dan makanlah salad. Mengkonsumsi sayuran hijau membantu Anda memperkuat daya tahan tubuh dan mencegah flu. Bahan kimia yang terdapat pada tanaman memberikan Anda vitamin dan nutrisi yang tidak bisa disediakan oleh vitamin buatan.  Semakin berwarna sayuran, akan semakin kaya antioksidannya. Jadi, mulailah mengkonsumsi sayuran dan buah yang berwarna hijau, merah dan kuning.

3. Cuci tangan Anda.

Membersihkan tangan sesering mungkin dengan menggunakan sabun dan air hangat, merupakan cara cuci tangan yang tepat. Jika tidak ada sabun, gunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol. Terutama ketika sebelum makan, setelah batuk, dan bersin. Karena kita tidak tahu berapa banyak kontaminasi kuman pada tangan kita. Cucilah tangan dengan teratur menggunakan Dettol Sabun Cuci Tangan Cair  untuk membunuh kuman yang terdapat di tangan Anda. Mencuci tangan merupakan cara terbaik untuk menghentikan penyebaran kuman, meskipun bukan dalam musim flu.

4.  Bersihkan dan desinfeksi permukaan benda.

Penelitian membuktikan bahwa bakteri flu dan demam bisa menetap di permukaan benda selama 8 jam. Untuk mencegahnya, bersihkan permukaan benda setiap harinya. Yang perlu dibersihkan adalah pegangan pintu, peranti tablet, permukaan dapur, meja nakas, dan seluruh benda yang sering Anda gunakan. Jangan lupakan telfon genggam Anda. Gunakan desinfektan untuk mengusap permukaan di rumah Anda yang sering Anda gunakan secara rutin untuk mencegah kuman

5. Tutup mulut dan hidung Anda dengan tisu – tapi jangan gunakan tangan Anda.

Pastikan Anda menutup hidung dan mulut ketika bersin, dan ajarkan anak Anda untuk melakukan hal ini. Anda bisa menggunakan tisu, tapi jika tidak ada tisu di sekitar Anda, dokter merekomendasikan untuk menutup mulut Anda pada saat bersin dengan menggunakan siku tangan atau pakaian. Bakteri bisa hidup di telapak tangan Anda selama 3 jam. Jika Anda menutup mulut Anda pada saat bersin dengan menggunakan siku tangan atau pakaian, penyebaran cairan yang mengandung kuman pada saat bersin bisa berkurang karena siku merupakan bagian tubuh yang jarang terkena permukaan di rumah Anda.

6. Biarkan cahaya matahari masuk.

Flu dan demam biasanya terjadi pada musim hujan, terutama di dalam ruangan tanpa sirkulasi udara sehingga menjadi sarang kuman. Bukalah jendela, karena jendela Anda dibuat untuk menghalangi cahaya UV dari matahari, dan biarkan udara segar masuk ke dalam rumah meskipun udara dingin akan masuk ke dalam rumah Anda. Cahaya matahari mampu membunuh virus, bakteri, dan jenis kuman yang lain.

7. Gunakan barang sekali pakai.

Berbagi handuk, dan gelas yang terdapat di toilet merupakan medium penularan kuman penyebab penyakit flu. Oleh karena itu cobalah untuk menggunakan produk sekali pakai selama seminggu jika di rumah ada yang flu. Gunakan Dettol Tisu Basah Antibakteri, tisu dan gelas sekali pakai sampai penderita flu sembuh total.

Bakteri flu dan demam adalah bakteri yang cerdik, jadi jangan melawannya sendirian. Biarkan Dettol membantu Anda untuk melawan penyakit tersebut.

 Infograph Pencegahan Flu